Fungsi dan cara kerja roda penerus pada mesin motor

Fungsi roda penerus

Roda penerus berfungsi untuk menyempurnakan putaran dan kruk as melekat pada flens dari kruk as.

Oleh karena itu pada flens-nya dari kruk as diberi patokan atau sebuah lubang tanda, sehingga pada saat pemasangan roda penerus pada kruk as dapat kembali ke dudukan-nya yang sudah ditentukan.
Fungsi dan cara kerja roda penerus pada mesin motor

Diujung dan roda penerus terdapat gigi-gigi halus, gigi-gigi halus ini disebut karangan gigi yang berfungsi untuk memutar kruk as atau roda.

Secara otomatis, putaran otomatis ini dilakukan oleh motor listrik dalam ilmu teknik automobil motor listrik ini kenal dengan nama motor starter, dapat berputar secara otomatis berdasarkan aliran listrik.

Karangan gigi yang terdapat pada roda penerus dibedakan dalam 2 macam konstruksi, yaitu yang di senyawa-kan dan yang tidak di senyawa-kan.

Bentuk yang pertama tidak umum digunakan, oleh karena apabila gigi-gigi dari karangan gigi telah menjadi gugus, maka seluruh roda penerus harus diganti dengan yang baru.

Bentuk terakhir adalah tidak di senyawa pada roda penerus-nya dan gigi-gigi dari karangan gigi merupakan suatu cincin yang melekat pada roda penerus.

Dalam perdagangan bentuk cincin ini banyak bentuknya, pemasangan karangan gigi yang baru haruslah terlebih dahulu dipanaskan, kemudian dipasang pada dudukannya dari roda penerus.

Usahakan karangan gigi dapat duduk dengan lurus dan baik pada roda penerus-nya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger