Teori pendingin motor dengan udara yang bekerja sendiri

Motor-motor dan sepeda motor tipe lama (sepeda kumbang) dan motor vespa dan lain-lain memakai pendingin udara yang bekerja sendiri. Pendingin udara seperti ini disebut juga sebagai sistem pendingin secara langsung.

Disekitar silinder dan diatas silinder dari kepala silinder pada motor dilengkapi dengan rusuk-rusuk pendingin yang diatur sedemikian rupa disesuaikan dengan arah udara yang melewati mesin motor.
Teori pendingin motor dengan udara yang bekerja sendiri
Dengan pengaturan tersebut, panas yang dihasilkan oleh motor tetap menjadi rendah karena panas pada rusuk-rusuk tersebut terkena hembusan udara yang melewatinya sehingga menghilangkan suhu dipermukaannya.

Motor-motor yang memakai sistem pendingin udara yang bekerja sendiri tidak dapat digunakan untuk motor statis atau diam, hanya bisa dipakai untuk motor-motor yang dinamis atau terus bergerak karena membutuhkan hembusan udara yang dihasilkan dari gerakan tersebut.



Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger