Sistem Pelumasan Tekan

Sistem pelumasan tekan juga disebut pelumasan edar, sistem ini bekerja oleh sebuah pompa minyak, minyak pelumas tersebut di desak/ditekan oleh pompa minyak langsung ke bagian yang membutuhkan pelumasan.

Sehingga pada kruk as dan batang pemutar dilengkapi dengan lubang-lubang untuk saluran minyak pelumas.

Kelebihan

Kelebihan sistem pelumas tekan adalah:
1. Jalannya pelumasan ke bagian-bagian yang memerlukan pelumasan berjalan dengan teratur.
2. Speling as dan dudukannya diperbolehkan dibuat sekecil-kecilnya.
3. Pelumasannya dapat diatur dengan baik, umpamanya membuat parit-parit pada lapisan logam putih pada dudukan as.
4. Pelumasan ini memberikan suatu pencucian atau pembersihan yang diinginkan pada tiap-tiap dudukan, sehingga juga merupakan suatu pendinginan yang sempurna, dengan demikian akan menjadi tahan pada muatan yang tinggi dalam waktu lama.
5. Pengaliran minyak pelumas, pada bagian-bagian yang harus mendapat pelumasan akan bertambah besar, bila pada permukaan yang akan dilumasi itu temperaturnya baik dan kekentalannya dari pelumas akan turun.

Sistem Pelumasan Tekan

Kekurangan

Kekurangan dari sistem pelumas tekan adalah:
1. Apabila salah satu lapisan logam putih dari sebuah bantalan rusak, maka seluruh pelumasan aka menjadi kacau balau. Tekanan pada saluran minyak menjadi turun, tekanan yang turun akan akan memperburuk pelumasan.
2. Jika saringan pelumas tidak mendapat perawatan yang cukup dan motor berputar dengan ukuran minyak pelumas di dalam karter yang sedikit kemungkinan besar motor akan menjadi panas dan bagian-bagian logam putih yang terdapat pada bantalan akan menjadi cair.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger