Cara Menyetel Pelampung / Float pada Karburator

Langkah penyetelan pelampung pada karburator adalah sebagai berikut:

  1. Motor dimatikan,
  2. Kran tangki bensin ditutup hingga posisi OFF,
  3. Mangkok karburator dilepaskan / dibuka, lalu dikosongkan sambil dibersihkan,
  4. Mangkok karburator dipasang kembali dengan baik seperti semula,
  5. Kran tangki bensin dibuka kembali pada posisi ON, supaya bensin mengalir masuk ke dalam mangkok karburator,
  6. Kurang lebih 1 menit, kran tangki bensin ditutup kembali lalu mangkok karburator dibuka kembali dengan perlahan-lahan agar bensin didalamnya tidak tumpah untuk mengetahui ketinggian atau banyaknya bensin di dalam mangkok karburator,
  7. Apabila diukur dari permukaan bensin sampai tepi mangkok karburator (yang kosong) adalah 7 hingga 10mm, berarti banyak / ketinggian bensin di dalam mangkok karburator adalah tepat atau normal. Hal ini akan membuat campuran antara bensin dengan udara di dalam karburator menjadi normal juga.
  8. Apabila yang kosong lebih dari 7mm, berarti bensin di dalam karburator terlalu banyak / banjir. Dan hal ini mengakibatkan campuran gas menjadi gemuk / kaya. Cara penyetelannya adalah lidah pelampung dirapatkan.
  9. Apabila yang kosong lebih dari 10mm, berarti bensin di dalam mangkok karburator terlalu sedikit. Da hal ini akan mengakibatkan campuran gas menjadi kurus / miskin. Cara penyetelannya adalah dengan mengatur lidah pelampung menjadi rapat ( dirapatkan).

Cara Menyetel Pelampung / Float pada Karburator

Langkah penyetelan pelampung pada karburator :

a. Apabila pelampung sudah disetel, tetapi karburator masih tetap banjir berarti kerusakan ada pada:
  • Jarum pelampung sudah aus, perbaikan adalah dengan melakukan penggantian.
  • Pelampung bocor, Perbaikan adalah dengan penggantin, sebab apabila pelampung bocor maka bensin akan masuk kedalam pelampung sehingga akibatnya pelampung tidak bisa terapung (tenggelam) sedangkan yang menjamin ketepatan banyaknya bensin didalam mangkok karburator secara konstan baik pada waktu motor hidup atau mati adalah pelampung dan jarumnya.
b. Apabila pelampung sudah disetel, tetapi mangkok karburator masih tetap kurang bensinnya / kosong berarti kerusakkan pada jarum pelampung macet di dalam rumahnya (jet needle holder). Perbaikan dengan mengganti jarum pelampung yang baru sekaligus jet neele holder-nya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger