Pompa Bahan Bakar (Bosk Pump)

Pengertian tentang Bosk Pump atau Pompa Bahan Bakar

Cara pembakaran pada mesin diesel berlainan dengan cara pembakaran pada motor bensin, pada motor bensin dengan percikan bunga api dari busi, sedangkan pada mesin diesel diperoleh dari panas kompresi udara dan pengabutan bahan bakar.

Pengabutan bahan bakar diperoleh dari penekanan bahan bakar pada ruangan sempit dan lubang tembus halus, penekanan bahan bakar bermula dari pompa bahan bakar yang terpasang antara tempat bahan bakar dan pengabut.

Kontruksi Bosk Pump

Bagian pokok dari pompa bahan bakar adalah pluyer yang bergerak dalam silinder dengan kelengkapan saluran masuk dan keluar, pengatur pemasukan bahan bakar.

Prinsip Kerja Bosk Pump

Pluyer dilengkapi dengan pegas dan batang pendorong terpasang pada rumah pompa, rumah pompa dipasang pada batang motor. Bagian ujung batang penggerak didapatkan pada poros nok lonjong berputar, poros ini dihubungkan dengan poros engkol melalui roda gigi perantara.

Bagian-bagian atau komponen pada pompa bahan bakar yang silindernya lebih dari satu:

Pompa Bahan Bakar (Bosk Pump)

1. Bodi pompa injeksi,
2. Tutup kamar pluyer,
3. Tempat pompa pengisi,
4. Noken As pluyer,
5. Laker / bantalan,
6. Penahan laker,
7. Lubang pengeluaran udara,
8. Batang pengatur,
9. Pluyer,
10. Silinder pluyer,
11. Klep tekanan tinggi,
12. Pir penekan,
13. Baut pengeras.
14. Klep penggera,
15. Sarung / tabung penggerak,
16. Pir pluyer,
17. Plat / piringan penahan air,
18. Baut kontra / pelawan,
19. Tapet,
20. Roda pelancar tapet,
21. Tap tutup oli.

Pada kendaraan mobil diesel ada alat bantu namanya pompa pengisi, kalau pada motor diesel yang kecil cara mengeluarkan udara palsu mudah dengan cara mengendorkan baut pipa dari tangki bahan bakar, asal bahan bakar sudah mengalir itu lalu baut dikeraskan lagisudah selesai, tapi pada kendaraan truk misalnya kita harus mencari letak pompa pengisi, lalu pompa itu ditekan tekan terus,  baut menuju bosk pump dikendorkan agar bahan bakar mengalir, diulang berkali-kali sampai udara palsu hilang.

Bagian-bagian pompa pengisi

1. Pompa penolong,
2. Bodi pompa pengisi,
3. Pipa tekan,
4. Pipa isap,
5. Kopel penyetel timing,
6. Bodi pompa injeksi.

Guna dan fungsi pompa pengisi

Pompa pengisi berguna untuk mengisi solar dari tangki ke pompa injeksi membantu mengeluarkan udara jika didalam pompa injeksi atau dalam pipa kemasukan udara palsu.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger