Pompa Oli (Oil Pump) Motor dan Cara Penyetelan (2Tak)

Pengertian Pompa Oli Motor

Pompa oli motor adalah salah satu perangkat pada motor yang berguna untuk menyemprotkan oli ke dalam ruang karter, pada kondisi motor hidup, oli ini berfungsi untuk melumuri alat-alat baik alat statis maupun alat dinamis, khususnya yang berada di dalam ruang karter dan silinder motor 2 tak.

Macam Cara penyetelan Pompa Oli Motor 2 tak

Ada dua jenis cara penyetelan pada pompa oli 2 tak, yaitu:

1. Penyetelan yang dilakukan pada saat handel gas dilepas / tidak di gas.

Cara penyetelennya adalah:
  • Penutup pompa oli dibuka,
  • Jika handel gas dilepas / tidak di gas tanda "TP" tempatkan pada segaris dengan spie, artinya penyetelan tepat dalam cara ini adalah oli yang disemprotkan ke dalam karter pada waktu motor dalam keadaan hidup adalah tepat sebanding.
  • Jika handel gas dilepas lalu "TP" berada di atas spie, berarti oli yang disemprotkan ke ruang karter pada waktu hidup adalah terlalu besar/banyak.
  • Jika handel gas dilepas, lalu "TP" berada di bawah spie, artinya oli yang disemprotkan ke dalam ruang karter pada waktu motor hidup adalah terlalu sedikit / kurang.
  • Mur pengikat di kendorkan, lalu baut penyetel diputar kekiri hingga mendapatkan penyetelan yang tepat, barulah kencangkan kembali mur pengikat seperti semula.

2. Penyetelan yang dilakukan pada saat handel gas diputar penuh / handel gas dibuka.

Pompa Oli (Oil Pump) Motor dan Cara Penyetelan (2Tak)

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger