Prinsip Kerja dan Jenis Noksel atau Pengabut

Pengabut pada motor diesel dipasang pada ruang bakar, gunanya untuk mengabutkan bahan bakar yang telah mengalami penekanan.

Prinsip pengabutan

Prinsip pengabutan ada dua macam, yaitu:
1. Pengabutan udara,
2. Pengabutan tekan.

Pengabutan Udara

Pengabutan udara yaitu pengabutan dengan cara memberikan tekanan udara yang sangat tinggi pada ruang bakar di dalam ruang pengabut.

Pengabutan Tekan

Pengabutan tekan yaitu suatu pengabutan yang paling banyak digunakan bahan bakar di rumah pengabut dengan diberi tekanan langsung yang diperoleh dari tekanan bahan bakar.
Prinsip Kerja dan Jenis Noksel atau Pengabut

Bahan bakar yang bertekanan dilewatkan pada lobang pengabut yang sangat halus, sehingga cairan bahan bakar terhambur keluar melalui lobang tersebut.
Tingkat kehalusan cairan kabut dapat diatur dengan jalan mengundurkan jarum pengatur yang ada. Jika jarum diajukan ruang bakar menjadi sempit hingga tekanan menjadi naik, maka butiran kabut menjadi semakin halus.
Pengabut juga dilengkapi dengan saluran pengembali bahan bakar hasil pompaan dari pompa bahan bakar tidak seluruhnya di kabutkan, sebagian yang tersisa dikembalikan kembali ketempat bahan bakar melalui lobang ini.

Gangguan yang sering terjadi pada pengabut

1. Halusnya semprotan kabut solar tergantung kuatnya tekanan,
2. Adapun tekanan tergantung setelan baut pengeras,
3. Membesarkan lobang nosel tergantung kebersihan solar.
Tes Pengabut
Tes pengabut sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi pengaut.
Penyemprotan bahan bakar pada nosel akan menyebar menurun membentuk sudut sebesar 4 derajat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger