Cara Membersihkan Kaca Mobil

Fungsi Kaca Mobil

Tips cara membersihkan kaca mobil. Salah satu bagian utama dari sebuah mobil adalah kaca. Kaca mobil memiliki banyak fungsi perlindungan, diantaranya adalah melindungi diri dari panas, debu dan hujan. Mengendarai mobil dengan kondisi kaca yang bersih dan mengkilap, terutama kaca bagian depan tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman tersendiri bagi Anda sebagai pengemudinya.

Aman karena Anda dapat melihat dengan jelas apa yang ada di depan Anda sehingga Anda bisa terhindar dari kecelakaan, dan nyaman karena tidak ada kotoran yang menempel pada kaca yang dapat mempengaruhi jarak pandang Anda.

Untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika mengendarai mobil tersebut, tentu Anda harus rajin-rajin membersihkan kaca mobil Anda. Nah berikut ini akan diulas mengenai tips untuk membersihkan kaca mobil yang bisa Anda aplikasikan pada kaca mobil Anda supaya tetap bersih dan jernih.
Cara Membersihkan Kaca Mobil

Cara Membersihkan Kaca Mobil Terbaik

1. Tidak Menggunakan Alkohol atau Bahan Kimia

Kedua zat tersebut, yakni alkohol dan bahan kimia tidak direkomendasikan untuk digunakan membersihkan kaca. Karena yang akan terjadi bukan membersihkan kaca mobil, melainkan dapat merusak fungsi dari kaca mobil sehingga kaca mobil tidak dapat lagi meredam panas dan bahkan bisa menimbulkan buram.

Dalam membersihkan kaca, Anda juga sebaiknya tidak menggunakan pembersih kaca yang didalamnya terdapat kandungan amonianya. Karena amonia memiliki sifat yang bisa merusak beberapa jenis bahan seperti karet yang mungkin saja ada di dekat kaca mobil.

2. Gunakan Kain Lap Bersih juga Halus

Hal ini jelas harus diperhatikan, karena jika Anda menggunakan kain lap yang kotor, tidak menutup kemungkinan kotoran yang ada pada lap malah berpindah ke kaca mobil Anda, bahkan dapat menimbulkan goresan.

Dan jika Anda menggunakan kain lap yang kasar, ini sangat berpotensi untuk terjadinya goresan dan baret pada kaca.

3. Cara Mengelap yang Searah

Hal ini juga sebaiknya Anda lakukan, karena jika Anda melakukan dengan cara yang memutar, dapat berpotensi untuk timbulnya goresan pada kaca seandainya ada pasir yang kebetulan menempel pada kaca.

4. Bersihkan Kotoran dan Debu dengan Air

Jika saja kebetulan di kaca mobil Anda ada banyak kotoran dan debu, sebaiknya kotoran dan debu tersebut dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air yang bersih, jangan langsung di lap. Baru setelah diguyur dengan air, Anda boleh mengelapnya.

5. Segera Lap Embun pada Kaca Bagian Dalam Saat Hujan

Ini dimaksudkan untuk menghindari jamur yang bisa saja muncul pada kaca mobil Anda. Namun jika sudah terlanjur ada jamur pada kaca mobil Anda, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

  • Bersihkan kaca dengan menggunakan air yang bersih.
  • Ketika Anda tengah mencuci mobil, sebaiknya dilakukan di tempat yang teduh yakni tidak terkena sinar matahari langsung, karena akan menyebabkan air cepat mengering dan meninggalkan sisa yang bisa mengakibatkan munculnya fleks-fleks yang mengganggu pada permukaan kaca mobil Anda.
  • Setelah mobil Anda selesai dibersihkan, lap mobil Anda dengan menggunakan kain microfiber supaya hasilnya lebih bagus. Atau jika tidak ada, Anda bisa menggunakan kain biasa saja tentunya yang bersih dan halus.
  • Untuk membersihkan kaca mobil, Anda bisa menggunakan sampo rambut atau air tembakau. Karena di dalam sampo ada zat kimia dengan tingkat pH tertentu yang memang dibuat khusus untuk mengeringkan uap air, dan air tembakau mengandung zat kimia yang memiliki sifat dapat meluruhkan jamur ataupun kotoran pada kaca.


6. Perhatikan Kotoran di Setiap Sudut Kaca

Anda juga sebaiknya tidak melewatkan celah-celah kecil yang ada pada karet jendela, kipas kaca atau karet wiper. Karena jika di tempat-tempat tersebut terdapat kotoran, akan berpotensi terhadap munculnya baret atau goresan pada kaca.

7. Rajin Membersihkan Kaca

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda membersihkan kaca mobil Anda setiap hari supaya kotoran yang menempel pada kaca Anda tidak terlalu lama. Karena terkadang jika kotoran menempel terlalu lama, tidak menutup kemungkinan akan sulit untuk dihilangkan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk Cara Membersihkan Kaca Mobil Anda supaya tetap bersih dan jernih. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger