Manfaat Memanaskan Mesin Kendaraan dan Waktu yang Tepat untuk Memanaskannya


Manfaat dan Waktu Yang Tepat Memanaskan Mesin Kendaraan

Salah satu kegiatan lama yang mungkin masih terbawa hingga sekarang oleh setiap pemilik kendaraan adalah memanaskan mesin kendaraan yang dimilikinya, entah itu ketika hendak akan digunakan atau pada waktu pagi hari.Tidak ada yang salah dengan kegiatan memanaskan mesin kendaraan ini, karena memanaskan mesin itu sendiri memiliki beberapa manfaat positif bagi mesin.
Memanaskan Mesin Kendaraan

Manfaat Memanaskan Mesin

Ketika mesin tidak digunakan dalam waktu yang relatif lama, mesin akan mengalami kerusakan karena munculnya karat. Pemanasan mesin ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan akibat karat tersebut. Selain itu, kegiatan memanaskan mesin kendaraan ini juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai berikut:

1. Membantu proses pembakaran menjadi sempurna

Proses pembakaran yang tidak sempurna sejatinya bisa menyebabkan kurang optimalnya tenaga mesin.

Selain itu, dengan pembakaran yang tidak sempurna ini juga berdampak pada bahan bakar menjadi lebih boros, karena pada saat mesin berada dalam kondisi dingin, suplai bahan bakar menjadi lebih besar agar pembakaran bisa sempurna. Sehingga dengan memanaskan mesin terlebih dahulu, Anda bisa menghemat bahan bakar.

2. Mencegah Keausan

Memanaskan mesin dapat mencegah keausan, kenapa demikian? Karena ketika mesin sudah lama tidak digunakan, oli akan berada di panci oli. Nah dengan dipanaskannya mesin, oli akan memiliki kesempatan untuk bergerak dari panci oli dan akan masuk pada bagian-bagian mesin yang butuh pelumas.

3. Mengurangi Kebocoran Kompresi

Jika sampai terjadi kebocoran kompresi pada mesin, akibatnya adalah tenaga yang dihasilkan nantinya tidak akan optimal karena tekanan pada mesin berkurang sehingga temperatur mesin itu sendiri juga tidak mampu untuk membakar campuran antara udara dengan bahan bakar dengan sempurna.

Kebocoran kompresi ini dapat dikurangi karena ada bagian dari komponen mesin yang memiliki celah, dimana celah tersebut memang dijadikan ruang untuk komponen mesin yang nantinya akan memuai karena terkena suhu tinggi.

Dengan berbagai manfaat yang telah disebutkan diatas, hendaknya Anda tetap setia melakukan kegiatan penting ini.

Namun perlu diingat, jika Anda memanaskan mesin kendaraan, ada juga beberapa efek negatifnya seperti bahan bakar akan boros, waktu Anda akan tersita dan dapat menyebabkan polusi udara, apalagi jika dilakukan di ruangan yang tertutup. Alternatifnya adalah, jangan panaskan mesin dalam waktu yang lama.

Waktu yang Tepat untuk Memanaskan Mesin

Selain menjelaskan mengenai manfaat memanaskan mesin di atas, dalam artikel ini juga akan diuraikan mengenai waktu yang tepat untuk memanaskan mesin, yakni sebagai berikut:

1. Setiap Hari

Ketika kendaraan Anda tidak digunakan, ada baiknya juga untuk memanaskan kendaraan Anda ini setiap hari, demi menjaga mesin kendaraan Anda dari kerusakan mesin karena suhu atau faktor lain yang sekiranya dapat menimbulkan kerusakan mesin.

2. Sebelum Kendaraan Digunakan

Ritual memanaskan mesin jika kendaraan akan digunakan ini biasanya dilakukan di pagi hari. Luangkanlah waktu Anda sejenak untuk ‘menghangatkan’ kendaraan Anda sebelum Anda menggunakannya.

3. Setelah Menggunakan Kendaraan

Kenapa demikian? Karena setelah Anda menggunakan kendaraan Anda dengan putaran mesin yang cukup tinggi, adakalanya pelumasan pada mesin tidak berlangsung dengan sempurna yang akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada mesin.

Sehingga ada baiknya juga begitu Anda selesai menggunakan kendaraan Anda, jangan langsung matikan mesinnya. Biarkan beberapa saat terlebih dahulu baru kemudian matikan mesin kendaraan Anda.

Mungkin setelah Anda membaca uraian diatas, Anda masih bertanya-tanya mengenai berapa kiranya waktu ideal yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin.

Jawabannya adalah tergantung dari skala pemakaian kendaraan tersebut. Jika Anda memakainya untuk menunjang aktifitas sehari-hari, pemanasan mesin hendaknya jangan dilakukan terlalu lama, mungkin cukup hanya sekitar satu menit saja.

Lain halnya jika Anda jarang menggunakannya, Anda bisa memanaskan mesin dengan durasi yang cukup lama. Anda bisa menggunakan jarum indikator yang ada pada panel dashboard sebagai pedoman untuk mengindikasikan bahwa mesin kendaraan Anda telah panas.

Nah, demikian artikel yang mengulas tentang manfaat serta waktu yang tepat untuk memanaskan mesin kendaraan. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda, dan menjadikan kita supaya tidak lalai untuk memperhatikan kendaraan. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger