Cara Membuat Motor Matik Lebih Kencang

Motor Matik

Saat ini motor matik tengah menjadi pilihan sebagian besar masyarakat dalam menemani aktivitasnya sehari-hari. Motor matik banyak dipilih karena modelnya yang simpel dan mudah digunakan. Dengan sistem transmisi otomatis, penunggang motor matik tak perlu repot-repot lagi melakukan oper-gigi.

Namun terkadang performa motor matik dianggap kurang "garang" bagi para penggunanya jika menyoal tenaga. Berbeda dengan motor-motor tipe lain seperti genre sport misalnya. Ada beberapa hal penting yang patut diperhatikan apabila ingin membuat motor matik lebih bertenaga dan lebih garang. Berikut ini ada beberapa tips yang akan menjadikan motor matik Anda lebih kencang.
Motor Matik

Tips Membuat Motor Matik Lebih Kencang

1. V-belt

Mengganti v-belt merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan agar tarikan motor matik lebih kencang. Usahakan, ganti dengan ukuran yang lebih tebal dan keras . Apabila sudah dilakukan, maka tarikan motor Anda akan lebih responsif.

2. Pengapian

Sangat disarankan untuk Anda yang menginginkan tenaga besar, wajib mengganti busi standar dengan busi yang menghasilkan pengapian lebih baik. Sehingga, pembakaran di ruang mesin akan lebih baik dan sempurna.

3. Cdi

Komponen cdi juga memiliki peran yang sangat vital. Cdi standar pabrik memang sudah sangat baik dalam menyalurkan arus listrik. Namun jika ingin mendongkrak performa matik, tidak ada salahnya untuk mengganti cdi standar motor Anda dengan cdi racing.

4. Gunakan Roller yang Lebih Ringan

Menurunkan bobot roller menjadi langkah untuk menyelaras­kan setingan untuk bisa mendongkrak performa motor matik anda. Namun tidak perlu terlalu banyak penurunan bobot roller-nya, cukup lebih ringan sekitar 2 - 3 gram dari roller standar bawaan motor.

5. Porting pada Bagian Exhaust

Dalam kondisi motor yang masih standar dinding pada lubang intake maupun exhaust, tekstur-nya menyerupai kulit jeruk. Oleh karena itu sebagian besar mekanik menganggapnya sebagai penghambat gas masuk maupun keluar pada ruang pembakaran.

Namun pendapat itu tidak sepenuhnya benar, agar performa maksimal untuk intake , tekstur kulit jeruknya jangan dibuang karena mempengaruhi proses pencampuran bahan bakar dengan udara. Yang seharusnya kita haluskan adalah bagian exhaust saja, agar proses pembuangan hasil pembakaran menjadi lancar.

Bagian exhaust tersebut mesti dibuat halus dan rata. Untuk proses menghaluskan dan meratakan exhaust, biasanya dilakukan dengan teknik porting menggunakan tuner atau amplas.

6. Penyesuaian pada Knalpot

Untuk upgrade performa matik, tidak mengharuskan pakai knalpot racing. Namun agar proses pembuangan-nya lebih lancar, knalpot bawaan motor wajib di modifikasi atau apabila tidak mau knalpot standar bawaan pabrik yang di obok - obok, Anda bisa juga menggantinya dengan knalpot after-market yang standar bobok.

7. Menggunakan Noken As Racing

Buka tutup klep / katup juga harus disesuaikan. Untuk itu langkah paling mudah adalah dengan mengganti noken as standar dengan yang racing. Hal ini bisa diterapkan untuk mereka yang menggunakan motor matik Yamaha.

Namun untuk pengguna motor matik Honda, untuk mendongkrak tenaga motor, cukup dengan menyetel ulang klep / katup dengan fuller gauge. Setting ulang pada intake di angka 0,15-0,20 mm dan bagian exhaust dibikin lebih rapat (0,07-0,1 mm).

8. Menyeting Ulang Spuyer

Seting ulang spuyer, tergantung keinginan dari pengguna motor matik tersebut. Apabila masih ingin mempertahankan penggunaan filter udara, maka setingan spuyer nya dibuat kering. Tapi bila maunya filter udara dilepas, maka mau tidak mau perbandingan spuyer-nya dibuat basah.

9. Menaikkan Rasio Kompresi

Meningkatkan rasio kompresi pada mesin motor matik, akan membuat tenaganya lebih meningkat. Saat gas ditarik, peningkatan mesin motor matik yang perbandingan kompresi-nya dinaikkan akan terasa dari rpm bawah sampai atas.

Buat motor matik Yamaha yang piston-nya cekung, cara menaikkan kompresi-nya bisa dengan melakukan papas silinder head. Namun tidak usah terlalu banyak, untuk motor matik harian cukup antara 1-1,5 mm saja.

Sementara itu bentuk pengguna motor matik Honda , untuk menaikkan rasio kompresi bisa dengan mengganti piston. Cukup masukkan piston Honda Vario yang berkubah jenong.

Demikian adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat motor matik Anda lebih bertenaga. Semoga tips- tips di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger