Tips Memilih Ban Motor yang Terbaik

Memilih Ban Motor

Ban motor memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap orang yang mengendarainya terutama jika dilihat dari sisi keselamatan. Berbagai kecelakaan kendaraan roda dua yang tercatat di tanah air, sebagian besar disebabkan oleh kondisi ban motor yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga ban tiba-tiba pecah dan terjadi selip. Oleh sebab itu, kita sebagai pengendara sepeda motor harus lebih selektif dan mengetahui trik cerdas saat memilih ban motor terbaik yang diperlukan.
Memilih Ban Motor

Tips Memilih Ban Motor yang Terbaik

Berikut Adalah Beberapa Tips Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Ban Motor

1. Sesuaikan dengan Kondisi Jalan yang Sering Dilalui

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih ban motor adalah menyesuaikan dengan penggunaan motor terutama berkaitan dengan kondisi jalanan yang paling sering dilewati.

Bagi Anda yang menggunakan motor sebagai sarana transportasi untuk melewati jalanan yang belum diaspal dan tidak rata, sebaiknya Anda memilih jenis ban offroad.

Sedangkan kendaraan roda dua yang sering digunakan untuk melintasi jalanan yang relatif basah karena daerah dengan curah hujan cukup tinggi, maka Anda bisa memilih ban dual purpose. Dan pemakaian motor harian dengan kondisi jalanan yang kering dan halus, silahkan Anda pilih ban harian kering.

2. Perhatikan Tahun Pembuatan

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah tahun pembuatan dari ban motor yang akan Anda pilih. Pengecekan tersebut bisa Anda dapatkan pada kode produksi yang tertera di bagian kemasan ban motor.

Anda akan menemukan empat angka, misalnya 1216. Angka 12 menandakan bulan dan 16 adalah tahun pembuatan ban motor. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, sebaiknya Anda memilih kode produksi yang tak lebih dari satu tahun pada saat Anda membeli ban motor tersebut.

3. Menyesuaikan Ukuran Velg dengan Ban Motor

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, pemilihan ban motor yang berukuran lebih besar maupun lebih kecil dari velg tentu akan membuat cengkraman ban terhadap aspal menjadi kurang maksimal serta dapat berdampak buruk pada keselamatan pengendara.

Untuk motor matic, standar ukuran ban dan velg yang kami sarankan adalah 90/90 atau 80/90. Sedangkan pada motor bebek, umumnya menggunakan ukuran 80/90 atau 70/90. Sangat tidak disarankan menggunakan ukuran ban yang melebihi dua tingkatan dari ukuran velg.

4. Memilih Ban yang Orosinil

Hal yang tak kalah penting dan harus Anda lakukan saat memiliih ban motor adalah selektif memilih merk ban tersebut. Usahakan untuk memilih ban yang orisinil agar Anda tidak sering mengalami kerusakan saat menggunakan motor.

Cara yang lebih aman, sebaiknya Anda mencari jenis ban yang sudah memiliki merk ternama. Untuk mengetahuinya, silahkan Anda tanyakan secara langsung kepada ahli otomotif yang lebih berpengalaman. Sebab, ban yang bermerk, sebagian besar sudah terbukti kualitas dan keawetannya.

5. Sesuaikan dengan Tujuan Penggunaan

Sebelum memilih ban, Anda harus menyesuaikan tujuan penggunaan motor yang paling dominan. Sebab, kondisi jalanan dan interval penggunaan sangat berhubungan erat dengan jenis ban yang akan dipilih.

Jadi, jenis ban yang digunakan untuk pemakaian sehari-hari seperti melakukan aktivitas bekerja ke kantor akan sangat berbeda dengan penggunaan motor untuk melakukan touring atau balap motor. Pemilihan ban yang terbaik memang harus benar-benar selektif serta sesuai dengan kebutuhan penggunaan motor Anda.

6. Memilih Motif Ban yang Sesuai

Kondisi iklim di Indonesia yang sering terjadi hujan, membuat para pencipta perangkat otomotif di Indonesia membuat sebuah ban dengan motif yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Sebaiknya antara ban depan dan belakang, Anda berikan motif ban yang tidak sama. Jika diamatai dari depan, pilihlah motif ban yang berbentuk huruf A. Fungsi motif ini adalah untuk membuat air hujan langsung ke arah samping atau disebut sebagai grip.

Sedangkan ban belakang, sebaiknya Anda pilih dengan motif berbentuk V yang juga diamati dari arah depan. Ban belakang lebih berfungsi sebagai penstabil kendaraan. Jadi, Anda tetap dapat berkendara dengan stabil karena air hujan sudah diterjang dengan baik oleh ban depan.

Demikian beberapa tips yang dapat kami bagikan sehubungan dengan cara memilih ban motor yang paling baik. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang sangat berguna bagi Anda semua.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger