Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Benar

Cara Memperbaiki Motor Injeksi


Pada era modern ini  cukup banyak motor yang sudah menggunakan penyuplai bahan bakar teknologi injeksi, dan untuk motor konvensional atau dengan sistem karburator masih ada, tapi tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan sistem injeksi.

Motor injeksi saat ini di indonesia sudah cukup menjamur dan sangat digemari di kalangan masyarakat. Terutama di daerah perkotaan. Alasan terbesar yang mendorong memilih motor tipe ini, tentunya karena lebih praktis, dan biasanya motor tipe ini, juga lebih ringan.

Selain karena alasan di atas, alasan lain yang mencari adalah mengenai harga jual. Pastinya harga jual menjadi pertimbangan pembeli. Ya wajar saja sih, siapapun pastinya tidak mau rugi. Apalagi dalam jumlah yang cukup besar.
Cara Memperbaiki Motor Injeksi

Perawatan motor injeksi



Dari sekian banyak keunggulan motor jenis injeksi, ada beberapa kelemahan yang sering dikeluhkan penggunanya. Salah satunya mengenai perawatan. Terlebih mengenai perawatan atau cara mengatasi, jika sampai terjadi mogok di jalan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi informasi, buat sahabat semua, mengenai cara perawatan motor injeksi yang benar. Oke langsung saja, silahkan disimak ulasan lengkapnya.

1. Bahan Bakar


Seperti kita ketahui, motor matic di desain sedemikian rupa oleh bisa digunakan dengan mudah, bahkan untuk perawatannya sekalipun. Tetapi yang namanya, barang atau benda, pasti suatu saat akan mengalami masalah. Sering terjadi pada motor injeksi yakni timbulnya penyumbatan pada mesin terutama pada filter injektornya, maksudnya adalah injektor dan filter mesin.

Yang harus anda ketahui bahwa penyumbatan terjadi akibat penumpukan kotoran pada mesin sehingga menyebabkan aliran bahan bakar ke ruang bakar menjadi tidak lancar dan inilah yang membuat motor injeksi kondisinya tidak stabil saat di gas atau brebet.

Untuk  masalah yang seperti ini anda bisa segera mengecek pada bagian-bagian sistem kerja injeksi atau mesinnya. Mulai dengan membuka mesin motor dan cek bagian-bagian tersebut, jika memang terdapat kotoran pada bagian tersebut maka bersihkanlah.

Proses pembuangan kotoran tersebut harus dilakukan dengan ekstra hati-hati , anda bisa menggunakan bensin ataupun cairan injektor cleaner yang bisa anda dibeli di bengkel. Untuk menggunakan cleaner injektor adalah di semprotkan ke bagian injektor motor anda hingga kotoran bisa dikeluarkan.

 Jika kotoran sudah keluar dari mesin, pasang kembali rangkaian mesinnya dan masalah motor injeksipun teratasi. Usahakan dalam melakukan hal ini jangan sampai salah metode, karena jika terjadi kesalahan bukan motor menjadi bagus malah bisa menjadi rusak.

kalau sudah berusaha tapi masih tidak hidup  maka anda bisa bawa ke bengkel terdekat yang lebih ahli dalam hal memperbaiki motor injeksi.

2. Aki


Yang harus anda cek selanjutnya adalah kondisi aki pada motor anda , motor dengan teknologi sistem injeksi ini sangat bergantung pada aki karena kuat atau lemahnya pengapian bergantung pada aki. Jika tanpa aki atau akinya sudah lemah maka motor injeksi dijamin tidak akan bisa hidup .

Periksa aki motor injeksi anda apakah masih bagus atau sudah lemah, jika kondisinya masih bagus lanjutkan dengan memeriksa bagian penghubung sekringnya apakah putus atau tidak , jika putus maka anda bisa ganti dengan sekering yang baru.

jika hal diatas sudah anda cek dan kondisi pengapiannya tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya maka yang seharusnya anda lakukan adalah mengganti akinya dengan aki yang baru.

Catatan:


Apabila motor anda mengalami mogok atau rusak atau anda sudah mencoba memperbaiki motor dengan 2 tips diatas yaitu dengan membersihkan injektornya dengan cleaner injektor dan mengganti aki tapi masih belum bisa hidup, sebaiknya segeralah membawa motor anda ke bengkel resmi.

Bengkel resmi memiliki peralatan yang lebih lengkap dibandingkan bengkel umum, selain itu alat yang digunakan lebih canggih, Karena motor injeksi ini memiliki bagian bagian yang sangat sensitif sehingga jika tidak dilakukan dengan ekstra hati-hati akan menyebabkan motor anda mengalami kerusakan yang lebih parah.


Demikian Tips Mudah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Benar,semoga mendapatkan manfaat dari tulisan diatas.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger