Tips Merawat Cat Mobil Agar Terlihat Mengkilat dan Bernilai Jual Tinggi

Merawat Cat Mobil Agar Terlihat Mengkilat

Menjaga cat mobil terlihat awet dan mengkilat bukanlah tindakan yang mudah. Anda harus memiliki kebiasaan yang baik untuk senantiasa membersihkan mobil setelah digunakan, serta mengetahui cara yang tepat untuk mencuci dan membersihkan mobil.
Merawat Cat Mobil Agar Terlihat Mengkilat

Nah, bagaimanakah cara yang tepat untuk menjaga cat mobil agar terlihat lebih mengkilat, awet, dan tetap berkualitas? Yuk simak beberapa tips yang kami bagikan berikut ini.

1. Cuci Mobil dalam Kondisi Dingin

Segera membersihkan mobil memang menjadi langkah yang sangat tepat. Namun, Anda juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil Anda. Jawaban yang benar adalah ketika mobil Anda sudah dalam kondisi dingin dan tidak terkena paparan sinar matahari.

Mencuci mobil di bawah terik matahari yang panas dapat berdampak buruk pada kondisi eksterior mobil Anda. Cat mobil akan mudah rusak dan tidak megkilat jika Anda mengambil langkah yang kurang tepat tersebut.

2. Segera Bersihkan Mobil yang Terkena Kotoran Hewan

Salah satu langkah yang harus Anda lakukan adalah segera membersihkan kotoran burung atau hewan lainnya yang secara tidak sengaja jatuh di bagian luar mobil Anda.

Kotoran hewan jika dibiarkan menempel pada cat mobil terlalu lama, terbukti dapat meresap dan membuat cat mobil akan cepat rusak dan kusam. Untuk menghindari hal tersebut, segeralah untuk mencuci mobil Anda yang terkena kotoran hewan tersebut.

3. Gunakan Kain Halus

Tektur kain yang digunakan untuk membersihkan mobil juga sangat mempengaruhi keawetan cat mobil Anda. Beberapa kain pembersih yang kami sarankan adalah kanibo atau chamois.

Jika tidak mempunyai jenis kain pembersih tersebut, maka Anda bisa menggunakan kain lain dengan tekstur yang sangat lembut. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kain tersebut. Sebab, kain yang kurang bersih akan meninggalkan noda pada cat mobil sehingga tampak kurang mengkilat.

Selain itu, Anda juga harus membersihkan mobil dengan menggunakan gerakan melingkar searah jarum jam. Tujuannya tak lain adalah menghindari pengelapan pada bagian mobil yang sudah bersih. Sehingga kondisi cat mobil Anda terlihat bersih dengan sempurna.

4. Gunakan Kain Halus

Mengapa harus menjaga jarak berkendara dengan bus angkutan kota? Sebab asap kendaraan berukuran besar ini ternyata banyak mengandung minyak. Jika Anda berjarak terlalu dekat dengan bus tersebut, maka minyak-minyak tersebut akan menempel pada cat mobil.

Bekas minyak yang menempel pada cat mobil dan tidak cepat ditangani, lama kelamaan akan mengeras dan lebih susah untuk dibersihkan. Hal ini tentu akan merusak kualitas cat mobil Anda.

5. Parkir di Tempat yang Teduh

Seringkali lokasi parkir diabaikan oleh para pengendara mobil. Padahal, sinar matahari yang terlalu lama memancar ke body mobil, dapat menyebabkan cat berumur pendek dan tidak terlihat mengkilat.

Sebaiknya Anda mencari lokasi parkir yang teduh ketika sedang beraktivitas di luar rumah. Dan saat di rumah pun, Anda juga harus menyediakan garasi khusus yang memiliki peneduh agar mobil Anda dapat terjaga dari kerusakan akibat efek sinar matahari.

6. Hindari Membersihkan Mobil dalam Kondisi Kering

Jika hanya ingin mengelap mobil tanpa mencucinya, maka Anda harus membasahi mobil Anda terlebih dahulu. Sebab, secara tidak kasat mata, cat mobil Anda sudah banyak tertempeli oleh debu. 

Membersihkan mobil berdebu tanpa menyiram body kendaraan terlbih dahulu akan membuat debu-debu tersebut menggores cat mobil. Tindakan kurang tepat yang dilakukan secara terus menerus akan memebuat cat mobil Anda kurang mengkilat. Selain menyiram mobil, Anda juga bisa menggunakan pelumas spesial body.

7. Gunakan Shampo yang Tepat

Mencuci mobil sendiri memang harus mengetahui teori dan teknik yang tepat. Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah mencuci mobil dengan menggunakan shampo khusus yang memang sudah memiliki pH sesuai dengan kondisi mobil.

Hindari menggunakan pembersih lain seperti sabun mandi, sabun cuci piring, pembersih lantai, dan lain-lain.

8. Segera Bersihkan Busa yang Menempel

Setelah mengetahui jenis shampo pembersih yang tepat untuk mencuci mobil, kini Anda juga harus mengetahui bahwa membiarkan busa menempel dalam waktu yang lama juga kurang baik untuk kondisi cat mobil Anda.

Sebaiknya Anda segera membilas busa mobil agar tidak meninggalkan bercak-bercak noda pada cat mobil.

Demikian tips cerdas yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger