Tips Terbaik Merawat Motor Matik Agar Tetap Prima

Merawat Motor Matik

Bagi Anda para pengguna motor matik, melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala merupakan langkah yang harus dilakukan agar kondisi kendaraan tetap prima serta terhindar dari kerusakan yang fatal. Jika dibandingkan dengan motor bebek, merawat motor matik terbilang lebih murah dan harga belinya juga tidak mahal.

Berdasarkan hal tersebut, kali ini kami akan berbagi tips seputar perawatan motor matik yang benar dengan cara yang mudah untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap awet.
Merawat Motor Matik

Tips Merawat Motor Matik Yang Benar Agar Awet

1. Cek Bensin Secara Berkala

Salah satu cara yang harus Anda lakukan untuk merawat motor matik kesayangan adalah selalu mengecek kondisi bensin secara berkala. Perhatikan sisa bensin pada speedometer.

Usahakan untuk mengisi bensin sebelum jarum menunjuk pada huruf “E” atau Empty. Sebab, pengisian bensin yang terlambat akan menyebabkan mesin motor matic Anda cepat rusak.

2. Pilih Bensin yang Berkualitas

Selain mengisi bensin secara berkala, Anda juga harus selektif dalam memilih bensin untuk bahan bakar motor matik. Sebab, bensin yang tidak murni akan menyebabkan dampak negatif pada kondisi mesin motor dan akan membuat kondisi kendaraan Anda menjadi kurang prima.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda selalu mengisi bensin di POM. Sebab, tak jarang pedagang bensin milik perorangan akan melakukan mengoplosan bensin sehingga kualitasnya sangat tidak terjaga dan hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi motor matik Anda.

3. Panasi Motor Matic Terlebih Dahulu

Langkah selanjutnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah memanasi mesin motor matik terlebih dahulu sebelum menggunakannya beraktivitas. Tujuannya tak lain agar seluruh oli dapat tercampur dengan perangkat mesin sehingga performa lebih maksimal dan mesin motor matik menjadi lebih awet.

Untuk melakukan langkah ini, Anda hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 10 menit. Biasakan untuk selalu memanasi motor matik sebelum Anda menggunakannya.

4. Jangan Mendadak Saat Mengubah Kecepatan Motor

Ketika berkendara dengan motor matik, usahakan Anda tidak terlalu mendadak ketika menambah kecepatan atau-pun mengurangi kecepatan. Sebab, hal yang sering tidak disadari tersebut akan membuat motor matik Anda cepat rusak dan mesin tidak dapat bertahan lama.

Sebaiknya Anda selalu konsentrasi selama berkendara di jalanan sehingga Anda tidak perlu mengurangi gas secara mendadak ketika hendak menghindari sesuatu serta tidak perlu menarik gas secara tiba-tiba jika ingin menambah kecepatan.

Mengendarai motor yang benar adalah selalu stabil saat melakukan penambahan dan pengurangan gas sehingga mesin motor tidak bekerja terlalu berat dan dapat bertahan lebih lama.

5. Selalu Cek Aki Motor dan Busi

Kedua perangkat ini sangat berperan penting untuk menjaga mesin dan kecepatan motor matik selama digunakan berkendara. Oleh sebab itu, selalu lakukan pemeriksaan yang rutin dan berkala untuk mengetahui kondisi dari kedua alat tersebut.

Apabila Anda menemukan kedua alat tersebut dalam kondisi rusak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru dan carilah yang orisinil dari bengkel resmi berdasarkan perusahaan yang memproduksi motor matik Anda. Hal ini tak lain untuk menghindari kerusakan yang terlalu sering serta kematian mesin saat tengah dikendarai.

6. Mengganti Oli Motor Secara Rutin

Tips selanjutnya yang juga harus Anda lakukan adalah rutin melakukan penggantian oli di bengkel resmi. Berdasarkan prinsip yang telah ditetapkan, sebaiknya Anda mengganti oli motor saat jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 1000 km. Sedangkan penggantian oli transmisi motor dilakukan saat mencapai angka 5000 km.

Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan ganti oli shockbreaker.Tujuan penggantian oli shocbreaker adalah menjaga kualitas dari hok motor matik Anda. Untuk oli shokbreaker, Anda harus mengganti setiap 10.000 km.

Jika Anda kurang memahami, silahkan baca buku petunjuk yang diberikan oleh dealer ketika Anda baru pertama kali membeli motor matik tersebut.

7. Memeriksakan Ventbelt dan Roler

Jika kondisi kedua perangkat motor matik ini sudah tidak layak pakai, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang orisinil agar kinerja motor tetap prima dan berkualitas.

Jadi, semua pemeriksaan kondisi motor Anda usahakan dilakukan secara rutin di bengkel resmi sesuai merk motor. Sehingga semua mesin dan perangkat motor matik miliki Anda tetap terkontrol dan segera terdeteksi apabila terdapat kerusakan.

Demikian beberapa tips untuk merawat motor matik yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger