Sebab-sebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Mobil Tidak Bisa Distarter

Bagi masyarakat perkotaan, terutama di kota besar, mobil seolah-olah sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Mereka menggunakan mobil untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari, seperti pergi ke kantor, pergi kuliah, berbelanja, atau mengantar-jemput anak-anak sekolah. Pernahkan Anda mengalami suatu kejadian yang tidak mengenakkan seperti tiba-tiba mobil tidak bisa distarter, padahal Anda lagi terburu-buru pergi ke suatu tempat saat itu juga? Tenang saja, pada artikel saya kali ini akan membahas penyebab mobil yang tiba-tiba saja tidak bisa distarter, lengkap dengan solusi mengatasinya. Simak ulasan berikut ini:
Mobil Tidak Bisa Distarter

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter


1. Dinamo Starter

Fungsi dari dinamo starter adalah menghidupkan serta menjalankan perputaran roda angin/roda gila yang terdapat pada mesin untuk pertama kali. Arus aki ditarik oleh dinamo starter ini.

Pada kasus dinamo yang bermasalah, terdapat arus yang ditarik terlalu tinggi dibandingkan dengan tarikan normal biasanya. Tarikan arus yang terlalu tinggi ini mengakibatkan aki bekerja terlalu keras, sehingga lama kelamaan jika dibiarkan kerusakan internal aki tidak dapat dihindari.

2. Alternator (atau Dinamo Ces)

Pada dasarnya, alternator mempuyai 2 fungsi, yaitu sebagai pengisi ulang daya atau charger aki, dan juga sebagai sumber listrik untuk mengoperasikan kelistrikan pada kendaraan bermotor (terutama pada AC, lampu, TV, GPS, atau audio system).

Normalnya, tegangan yang dihasilkan berkisar antara 13.4V sampai 14.8V. Jika alternator-nya lemah, aki harus bekerja terlalu keras untuk menyuplai energi cadangan untuk mengoperasikan AC, lampu, TV, GPS, atau audio system sampai-sampai aki tekor.

3. Regulator atau Kiprok

Kegunaan regulator atau kiprok untuk mengatur dan mebatasi sliran-aliran listrik yang masuk melalui alternator dan dilanjutkan ke aki. Jika regulator rusak, tegangan yang masuk kedalam aki bisa sampai diatas 15V dan mengakibatkan overcharging.

Jika sampai overcharging, suhu aki naik, air didalam aki mendidih dan menguap, sehingga sel-sel aki menjadi kering. Aki yang kering bisa menyebabkan arus pendek dan bisa mengakibatkan kerusakan pada aki.

4. V-belt / Tali Kipas / Timing-belt

Aliran listrik yang dihasilkan alternator listrik yang tidak memenuhi kebutuhan aki dan mesin bisa menjadi penyebab utama kerusakan. Tali penghubung atau penarik alternator yang telah aus menghambat perputaran pada dinamo.

5. Sekring

Putusnya sekirng, atau rusaknya sekring, seringkali menjadi penyebab utama tidak berfungsinya aki atau dinamo starter.

6. Penggunaan Kendaraan

Voltase aki mobil disarankan harus dalam keadaan tinggi karena memang dirangcang untuk penggunaan SLI. Jika kendaraan jarang digunakan, kemudian hanya untuk sebatas ke jarak tempuh yang dekat-dekat saja dalam keadaan AC menyala secaar penuh, akan menyebabkan pengecesan aki kurang optimal dan bisa memicu kerusakan.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

  1. Melakukan jumper aki (atau mengganti aki). Jika pada mobil matic, baterai yang habis dijumper (atau diganti) sedangkan pada mobil yang dengan kopling manual atau bertransmisi, bisa dilakukan dengan mendorong mobil sampai mesin mobil bisa hidup lagi.
  2. Mengganti aki jika aki sudah rusak dengan aki yang baru.
  3. Jika security system menjadi penghalang mobil sehingga tidak bisa distarter, maka mengganti baterai remote yang lemah atau habis dengan yang baru merupakan satu-satunya solisi. Atau jika Anda ingin tanpa mengganti baterai, Anda bisa membaca manual book yang terletak di dashboard mobil Anda. Biasanya disitu sudah tertulis lengkap.
  4. Gantilah soket yang sekiranya sudah kotor dan berkarat secara rutin, dengan tujuan agar aliran listrik yang mengalir lancar.
  5. Mengganti rumah kunci starter dengan yang baru jika rumah starter yang lama terlihat sudah aus.
  6. Segeralah untuk menyervis dynamo amper ketika melihat tanda gambar aki telah menyala pada dashboard.
  7. Mengganti aki basah dengan aki kering bagi Anda yang malas untuk rutin mengisi air aki dan merawatnya, dan keuntungan Anda mengganti dengan aki kering adalah Anda hanya perlu mengecasnya jika listriknya melemah.
  8. Jangan lupa untuk selalu mematikan lampu mobil. Karena jika dibiarkan terus menerus menyala, maka bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter nantinya.
Sekian informasi yang bisa saya berikan terkait penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Semoga membantu.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger