Cara Membuat Motor Kencang Tapi Irit

Motor Kencang Tapi Irit

Bagi pengendara motor, pasti seringkali merasakan ada beberapa kekurangan pada motornya, terutama dari segi performa. Bagi riders yang menyukai kecepatan, pasti merasa kurang puas akan kecepatan motor yang telah dimiliki. Bagaima cara membuat motor kencang tapi irit?

Selain kecepatan, masalah keiritan motor pun menjadi perhatian para riders, dan meskipun motor yang saat ini sudah irit, namun pengendara merasa bahwa motor masih kurang irit.
Motor kencang tapi irit

Perlu diketahui, untuk menjadikan motor menjadi lebih kencang dan irit adalah dua kondisi yang sangat berlawanan, karena cukup sulit menggabungkan kedua hal tersebut, namun ada beberapa cara untuk menggabungkan irit dan kencang menjadi satu, yaitu:

1. Rajin Melakukan Service

Service mesin dan karburator menjadi hal yang penting untuk menjaga performa motor, dalam proses service. ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat service motor yaitu service dan bersihkan karburator dengan tuntas lalu bersihkan kerak pada bagian head, klep, dan piston. Kemudian bersihkan busi, dan ganti ketika harus diganti.

2. Mengganti Komponen ECU atau ECM

Saat ini motor sudah menggunakan teknologi fuel injection yang diatur oleh komputer. Artinya setiap motor yang menggunakan fuel injection pastilah memiliki ECM atau ECU yang mengatur. Namun penggantian ECM dan ECU ini masih sangat mahal harganya akan tetapi memiliki efek yang sangat signifikan terhadap motor.

3. Jangan Gunakan Ban dengan Ukuran Yang Lebih Besar

Ban standar motor dari produsen adalah ukuran ban yang terbaik. Memperbesar ban, tanpa mengganti velg dan meningkatkan performa mesin, hanya akan membuat beban mesin menjadi berat dan malah membuat motor akan semakin terasa berat.

4. Perbesar Klep/katup

Pada motor 4 tak, klep/katup digunakan untuk mengatur proses pembuangan dan proses penghisapan. Dengan melakukan perbesaran pada klep/katup in dan ex, motor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih garang, dan lebih efisien dalam pembakaran.

5. Majukan Timing Pengapian

Timing pengapian dimajukan berfungsi untuk mempercepat proses pembakaran, dan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik . Untuk memajukan timing pengapian , anda dapat mengganti beberapa komponen salah satunya adalah CDI, gunakan CDI dengan kurva pengapian yang lebih maju, atau gunakan CDI yang timing pengapiannya bisa diatur.

Selanjutnya adalah koil yaitu untuk memperbesar api yang nantinya akan membakar AFR pada ruang bakar. Yang terakhir adalah bahan bakar, apabila timing pengapian yang sudah dimajukan, haram hukumnya jika anda masih menggunakan bahan bakar premium, hal ini akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan menjadikan proses pembakaran kurang sempurna.

6. Porting Polish

Porting polish adalah cara yang dapat dilakukan untuk membuat motor menjadi lebih kencang namun irit bahan bakar. Porting polish dilakukan pada bagian head mesin motor, untuk memperlancar dan memaksimalkan proses hisap dan buang saat melakukan pembakaran dalam ruang bakar/mesin.

Proses tersebut biasanya kurang diperhatikan oleh produsen, karena kebanyakan para produsen fokus mengejar produksi masal untuk mengejar omset penjualan. Porting polish dapat menambah ‘nafas’ dan tenaga motor, sekaligus membuat proses hisap dan buang menjadi lebih efisien.

7. Papas Head

Proses pemapasan pada head motor sangat berpengaruh untuk meningkatkan performa mesin. Proses ini dilakukan untuk memadatkan dan menaikkan rasio kompresi mesin pada motor yang membuat motor menjadi lebih bertenaga.

Namun perlu diingat, bahwa proses pemapasan head sangat berisiko, terutama ketika mekanik tidak faham dengan kondisi mesin motor. Oleh karena itu, butuh ketelitian dan penghitungan yang sangat tepat antara posisi boring, head, dan bagian lainnya seperti busi, klep dan seher agar tidak mengalami ‘tabrakan’.

8. Gunakan Oli Racing

Seluruh proses diatas tidak akan sempurna apabila tidak diimbangi dengan pelumas/oli yang mumpuni. Untuk itu gunakan oli standar racing agar performa mesin anda semakin meningkat.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar motor dapat menjadi lebih irit dan kencang. Mungkin saja kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk itu, karena saat ingin mengejar performa dan keiritan yang baik pasti banyak hal yang harus dirubah.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger