Cara Sederhana Dan Ampuh Menghilangkan Karat pada Knalpot

Sebagai salah satu komponen yang penting dalam sistem pembuangan kendaraan, knalpot perlu mendapatkan perhatian dan perawatan. Ada beberapa permasalahan yang ada pada knalpot, salah satunya adalah munculnya karat yang dapat mengganggu penampilan knalpot itu sendiri.

Penyebab Munculnya Karat Pada Knalpot

Karat yang muncul pada knalpot ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah keengganan pemilik kendaraan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada knalpot, sehingga akhirnya kotoran tersebut menjadi menumpuk dan menimbulkan karat. 

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot
Penyebab lainnya adalah karena air yang mengenai knalpot tidak segera dilap dan dibiarkan kering sendiri. Karat pada knalpot ini jika dibiarkan akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius, yaitu knalpot akan mengalami pengeroposan, yang akhirnya akan muncul lubang pada knalpot yang mengindikasikan bahwa knalpot telah bocor.

Knalpot yang telah bocor akan menurunkan fungsi dari knalpot itu sendiri, salah satunya adalah kurangnya tenaga kendaraan. Namun, jika karat ini muncul pada kendaraan Anda, jangan khawatir. Karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara-cara untuk menghilangkan karat pada knalpot, yakni sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot


1. Menggunakan Oli Bekas

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang pertama yang sekaligus menjadi cara yang paling mudah dan paling murah adalah dengan menggunakan oli bekas. Anda hanya perlu menyiapkan oli yang sudah tidak terpakai secukupnya, lalu oleskan pada bagian knalpot yang berkarat, entah itu dengan kuas atau dengan alat bantu lainnya.

Setelah oli dioleskan, selanjutnya adalah hidupkan motor dan biarkan selama beberapa saat supaya knalpotnya menjadi panas. Tujuannya adalah agar oli yang telah dioleskan tersebut dapat dengan mudah melelehkan karat pada knalpot.

2. Menggunakan Stempet

Stempet sering disebut juga dengan vaselin. Cara menggunakan stempet ini mirip dengan ketika menggunakan oli bekas. Hanya saja, panaskan motor terlebih dahulu hingga knalpot menjadi panas. Semakin panas knalpot hasilnya akan semakin bagus. Setelah itu baru oleskan stempet ini pada bagian knalpot yang berkarat.

4. Dengan Pertamax Plus

Jika Anda enggan untuk menggunakan bahan-bahan yang murah, Anda bisa menggunakan pertamax plus yang harganya lebih mahal sekaligus caranya agak lebih rumit untuk membersihkan karat pada knalpot Anda. Pertamax plus ini juga terkenal bisa membuat knalpot berkarat menjadi berkilau kembali.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan pertamax plus ini dengan solar. Takaran yang biasa digunakan adalah 1:2, dimana 1 untuk pertamax plus dan 2 untuk solar. 

Oleskan campuran ini pada bagian knalpot yang telah berkarat tersebut. Setelah itu sikat daerah berkarat tadi hingga bersih dengan menggunakan sikat gigi bekas.

5. Menggunakan Porstex

Porstek yang merupakan cairan pembersih keramik dan porselen juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan karat pada knalpot motor Anda. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan cairan porstex pada bagian knalpot yang berkarat, lalu gosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi hingga bersih.

Namun, ada catatan penting yang harus diingat jika Anda menggunakan cairan ini, yaitu hendaknya Anda berhati-hati, jangan sampai cairan ini mengena atau menetes pada bagian blok mesin. Karena jika hal tersebut sampai terjadi, cat blok mesin Anda akan luntur.

6. Menggunakan Pasta Gigi

Selain berguna mengangkat kotoran yang menempel pada gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk mengangkat karat. Namun pasta gigi ini lebih cocok jika digunakan untuk membersihkan karat pada knalpot yang dilapisi oleh krom.

Caranya pun sama dengan cara-cara yang sebelumnya, yakni dengan mengoleskan pasta gigi ini pada bagian knalpot yang berkarat. Biarkan hingga beberapa saat, baru kemudian gosok bagian yang berkarat tersebut dengan menggunakan kain lap hingga bersih.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada knalpot Anda. Jika cara tersebut tidak mempan jika hanya satu kali, silahkan untuk diulangi beberapa kali sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Anda tidak perlu mencoba semua cara menghilangkan karat pada knalpot yang telah disebutkan diatas. Cukup pilihlah salah satu yang menurut Anda paling mudah sehingga tidak menyulitkan Anda. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger