Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Busi Motor Anda


Seperti yang kita ketahui komponen busi pada motor punya peranan yang sangat vital. Karena komponen ini bertugas memantikkan api pada sistem kelistrikan motor, saat proses pembakaran pada mesin kendaraan bermotor. Jadi selain bahan bahan bakar, komponen ini merupakan syarat wajib kendaraan bisa berjalan. Jika sampai terjadi masalah yang menyebabkan busi tidak berfungsi dengan normal, bisa dipastikan kendaraan akan mogok. Karena begitu pentingnya komponen tersebut, pada artikel kali ini kami akan khusus menyajikan beberapa tips buat pembaca semua, mengenai cara merawat busi yang benar, agar awet dan berfungsi secara maksimal.
Cara Merawat Busi

Cara Merawat Busi Dan Membersihkan

1. Gunakan Sikat Kawat

Cara ini terbilang mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan sikat dan sedikit bensin. Bensin di sini digunakan untuk melumuri sikat kawat. Lepas busi dari tempatnya, gunakan lap khusus untuk membersihkan oli atau cairan yang menempel di kepala maupun badan busi. 

Setelah bersih, kemudian gunakan sikat kawat untuk membersihkan kerak- kerak yang ada dalam bagian busi. Gunakan sikat secara perlahan agar tidak sampai merusak atau membuat busi berfungsi tidak normal.

Lakukan cara ini rutin beberapa bulan sekali. Semakin sering kendaraan Anda gunakan, tentunya harus semakin sering juga Anda melakukan perawatan tersebut.

2. Jangan Gunakan Amplas 

Saya yakin ini yang sebagian besar pembaca lakukan untuk membersihkan busi. Cara ini sudah begitu familiar di masyarakat luas, yang ternyata oleh para ahli otomotif sangat tidak di anjurkan. 

Memang seketika efeknya akan bagus. Busi bisa bekerja kembali secara maksimal. Tapi di balik itu, banyak yang belum tahu jika dengan melakukan pengamplasan pada kepala busi, menyebabkan tipisnya elektroda pada busi.

Dan hal itu mempengaruhi kerenggangan, atau singkatnya dengan melakukan pengamplasan bisa menyebabkan jarak antara elektroda dengan kepala busi menjadi lebih renggang atau lebih jauh. Dan tentunya hal itu bisa berefek tidak bagus , busi lambat laun tidak bisa berfungsi secara normal lagi.

3. Jangan Rendam Dalam Bensin

Seperti cara menggosok dengan amplas, cara ini juga sangat tidak benar. Tapi sayangnya cara ini juga telah membudaya dalam masyarakat kita. Bahkan di bengkel- bengkel pun, sering juga kita pergoki hal demikian.

Mungkin mereka berpikir dengan merendam busi ke dalam cairan bensin atau minyak tanah, bisa melarutkan atau menghilangkan kerak yang ada dalam komponen busi. Tapi faktanya cara tersebut tidaklah tepat, dan yang terjadi malah sebaliknya.

Justru dengan merendam dalam cairan tersebut, biang kerak jadi bertambah banyak. Anda tidak percaya? silahkan dicoba sendiri, lakukan perendaman pada busi ke dalam cairan bensin beberapa menit. Setelah itu keluarkan, dan cek beberapa hari kemudian. 

Di atas adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan saat membersihkan busi pada kendaraan Anda. Tapi juga satu hal yang harus Anda sadari, sebagus apapun perawatan kita terhadap busi, yang namanya komponen, pasti tetap ada umur pakainya. Jangan salah penafsiran jika kita melakukan cara perawatan yang benar, lantas dapat menggunakan busi tersebut selamanya.

Berapa Lama Standartnya Penggantian Busi Dilakukan?

Dari beberapa sumber yang terpercaya menyebutkan, idealnya tiap 10 ribu km sekali busi kendaraan Anda di ganti dengan yang baru.  Dan hal lain yang juga wajib Anda perhatikan yang berhubungan erat dengan kinerja busi adalah kabelnya. Kabel busi juga tidak boleh luput dari pengamatan Anda. Kondisi kabel yang buruk bisa mengganggu kerja busi.

Sistem  Pengapian Pada Busi

Ini juga penting anda tes untuk memastikan kondisi busi motor anda. Mengecek pengapian pada busi sebaiknya Anda lakukan setelah melakukan pembersihan kerak atau kotoran pada busi. Cara mengetesnya juga terbilang mudah. 

Coba starter motor anda, tapi sebelumnya pastikan anda sudah melepas busi dari dalam tempatnya. Pegangi kabel busi dan dekatkan kepala busi pada tempat busi, sambil menstarter motor anda. Bila ada percikan biru muncul saat di starter maka busi Anda norma. Tetapi jika percikannya sangat kecil dan hampir tak terlihat, itu artinya busi Anda harus segera di ganti.

Itulah di atas adalah ulasan mengenai cara merawat serta membersihkan busi motor, silahkan di coba dan semoga informasi ini bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger