Cara Mengatasi Mobil Susah Hidup Saat Pagi hari

Mengatasi Mobil Susah Hidup di Pagi Hari. Pagi hari merupakan waktu yang paling sibuk untuk para pekerja di mana mereka harus mempersiapkan berbagai hal termasuk kendaraan mereka untuk digunakan berangkat kerja.

Sangat mengesalkan memang bila waktu sudah mepet namun mobil tak kunjung menyala. Biasanya musibah seperti ini menyerang mobil yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator. Memang seharusnya mobil di panaskan dulu mesin-nya sekitar beberapa menit sebelum digunakan, namun bagaimana bila mesin tak kunjung menyala.

Mengatasi Mobil Susah Hidup di Pagi Hari

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa mesin tidak mau menyala ketika pagi hari atau di saat mesin dingin. Di bawah ini akan di bahas faktor apa saja yang mempengaruhi sulitnya menghidupkan mesin mobil di pagi hari, dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Tegangan Aki Kurang

Aki merupakan komponen kelistrikkan untuk setiap kendaraan. Apabila kondisi aki kurang maksimal atau kurang voltase-nya maka akan mengakibatkan kesulitan dalam menghidupkan mesin. Karena dalam menghidupkan mesin dibutuhkan listrik dari aki tersebut, untuk itu cek terus aki mobil seminggu sekali.

Mungkin saja air aki mobil yang miliki kalian miliki tidak terkontrol sehingga aki tidak bisa menyimpan arus listrik dalam waktu lama. Apa bila hal ini sudah terjadi dan kalian tidak memiliki aki cadangan yang harus dilakukan untuk menghidupkan mobil adalah dengan cara mendorongnya.

Caranya adalah saat di dorong masukan gigi mobil ke nomer 1 atau 2, injak kopling selama proses pendorongan karena tentu saja apabila kopling tidak di injak mobil tidak akan bisa di dorong, setelah laju mobil sudah lumayan cepat, angkat kopling sembari di gas, maka mesin mobil akan menyala.
Mengatasi Mobil Susah Hidup di Pagi Hari

2. Karburator Banjir

Karburator adalah bagian yang penting bagi setiap kendaraan, tentunya kendaraan yang masih menggunakan sistem ini karena sudah ditemukan sistem yang lebih baik dan tidak semua mobil sudah tidak menggunakan karburator lagi.

Karburator sendiri memiliki fungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara yang nantinya akan memasukkan bahan bakar ke silinder. Apabila komponen karburator mengalami banjir atau bahan bakar yang berlebihan akan berdampak pada sulitnya menghidupkan mesin.

Untuk mengatasi permasalahan  ini, kalian bisa membongkar karburator dan menyetel pelampung-nya. Untuk kalian yang belum begitu paham mengenai mesin apalagi karburator sangat disarankan menggunakan jasa bengkel mobil terdekat.

3. Busi Bermasalah

Busi akan memercikkan bunga api yang akan membakar bahan bakar. Apabila busi tidak bisa memercikkan bunga api maka tentu saja mesin akan sulit hidup. Biasanya hal ini terjadi karena busi kotor atau celah-nya terlalu besar atau terlalu rapat.

Cek busi mobil kalian apakah busi tersebut kotor atau celah yang tidak pas, bisa kalian langsung bersihkan atau membuat celah tersebut menjadi pas. Apabila elektroda pada busi sudah tipis atau habi masa alangkah baiknya menggantinya dengan yang baru agar mesin mobil bisa menyala kembali

Itulah beberapa hal yang menjadikan mesin mobil sulit dinyalakan dan cara untuk mengatasinya. Rawatlah mobil anda agar nantinya tidak menyusahkan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger