Cara Menghemat BBM dari Gerakan Setir

Cara Menghemat BBM dari Gerakan Setir -  Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan BBM pada kendaraan. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah meminimalisir manuver saat berkendara di jalan raya.

Hal tersebut ternyata sangat berkaitan dengan hemat tidaknya konsumsi bahan bakar. Karena manuver saat berkendara dapat mempengaruhi gaya gesek yang akan ditimbulkan oleh empat ban pada mobil Anda.

Gaya gesek akan timbul ketika permukaan karet pada ban yang berlari bertemu dengan aspal. Selain akan menggerus permukaan ban, gaya gesek yang timbul juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar.

Menurut salah satu pabrikan pembuat ban, manuver yang banyak berkelok akan mempengaruhi gaya gesek ban tersebut dan membuat gaya gesek akan semakin tinggi. Tentunya hal tersebut berakibat pada pendeknya usia ban, dan juga konsumsi BBM akan jadi lebih boros.

Maka dari itu ketika mengemudikan kendaraan Anda jangan terlalu sering memutar kemudi jika memang hal tersebut tidak diperlukan. Seperti contohnya bila Anda berjalan di jalan yang cenderung lurus maka usahakan mobil yang Anda naiki tetap lurus pada jalur yang semestinya.
Cara Menghemat BBM dari Gerakan Setir

Cara Menghemat BBM dari Gerakan Setir


Yang terpenting atur posisi duduk senyaman mungkin agar dalam mengontrol stir dengan lebih mudah dan tidak membuat banyak gerakan pada tangan.

Jika ingin melakukan belokan atau mendahului kendaraan didepan Anda, berikan jarak yang ideal dan beri isyarat dengan lampu sein. Jangan melakukan belokan atau melaju dengan manuver zig-zag yang membuat gesekan pada ban meningkat.

Selain itu pedal gas yang sering dibuka tutup ditambah dengan kombinasi pengereman akan membuat bahan bakar menjadi boros dan membuat tenaga terbuang percuma.

Untuk mendukung manuver yang hemat BBM letakkan kedua tangan pada posisi jam 9 dan jam 3 pada setir mobil. Pada mobil yang sudah memiliki teknologi power steering kendali mobil bisa semakin baik dan akan memuat mobil berlari dengan terarah.

Apalagi bila tangan pada setir tidak terganggu dengan gerakan tangan yang hendak menghidupkan audio, hal tersebut akan membuat menuver tidak efisien.

Pengendalian lebih baik akan meminimalisir gerakan pada setir ketika hendak melakukan manuver. Selain itu feeling pengemudi dalam mengemudikan kendaraannya akan membantu mempermudah pengemudi untuk melakukan manuver yang hemat bahan bakar.

Pastikan bawa setir tidak bergerak terlalu banyak ketika melewati jalan yang lurus seperti jalan bebas hambatan. Biasakan juga untuk berbelok tanpa membuat sudut yang tajam.

Semakin jauh radius dalam melakukan belokan maka tenaga yang dibutuhkan akan semakin besar, dan semakin dekat radius dalam melakukan belokan maka tenaga yang dibutuhkan akan semakin sedikit.

Seperti contohnya adalah mobil yang memiliki radius putar kecil 5,6 meter membuat pengemudi tidak perlu melakukan penekanan pedal gas yang terlalu lama untuk melakukan belok secara penuh. Sehingga bahan bakar yang terpakai akan menjadi lebih irit dibanding degan radius belok yang lebih lebih besar.

Dengan melakukan gerakan setir yang terarah dengan baik maka hasilnya akan mengurangi daya gesek ban dan aspal. Hal tersebut tanpa disadari akan membuat konsumsi bahan bakar akan lebih lebih hemat.

Demikianlah beberapa tips menghemat bahan bakar dari cara kita mengemudi atau melakukan manuver. Yang perlu diingat adalah melakukan gerakan setir seperlunya saja dan posisikan duduk Anda ketika mengemudi senyaman mungkin. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada gaya memegang setir Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger