Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Karat Pada Motor. Karat merupakan korosi yang terjadi pada besi dan campuran-nya. Ketika besi bereaksi dengan air atau udara lembab, menyebabkan bahan untuk menimbulkan karat.

Komponen pada motor kebanyakan terbuat dari besi, oleh sebab itu sangat mungkin  terjadi karatan. Di tambah dengan penggunaan sepeda motor untuk digunakan di berbagai cuaca terlebih digunakan untuk menerobos hujan. 

Air hujan yang membasahi motor apa bila tidak segera di hilangkan dengan cara di cuci maka akan menimbulkan karat. Sekedar info, bahwa air hujan bersifat asam sehingga dapat menghilangkan lapisan anti-karat yang terdapat pada motor secara perlahan. Perawatan motor yang tidak tepat dapat menimbulkan karat yang sangat mengganggu. Pengguna motor harus selalu mencuci motornya apabila terkena air hujan.

Banyak orang yang ber-spekulasi dengan menggunakan amplas untuk membersihkan karat tersebut. namun cara ini sangat tidak dianjurkan karena dapat mengikis sturktur besi termasuk bagian sekeliling yang berkarat yang sebenarnya tidak berkarat.
Cara Menghilangkan Karat Pada Motor

Bagian Motor yang Rawan Terkena Karat

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkannya, kita bahas dulu bagian mana yang sering terkena karat. Dengan mengetahui hal ini, minimal kita bisa berhati-hati dan bisa mencegah terjadinya pengeroposan.

1. Rangka Motor

Rangka motor adalah bagian yang mudah terkena karat. Biasanya karat timbul pada sambungan rangka yang ada di bagian bawah dan sambungan pada swing arm karena bagian ini bisa langsung terkena air hujan.

2. Knalpot

Knalpot terletak pada luar motor, sehingga langsung terkena air hujan bila sedang hujan. Bagian leher knalpot adalah bagian yang biasanya terjadi karat.

3. Rantai

Desain motor sekarang yang rantainya hanya di tutupi dengan penutup yang tidak menjangkau semua rantai membuat rantai mudah terkena air hujan dan menimbulkan karat. Rawat rantai motor anda dengan baik agar tidak cepat terkena karat yang menyebabkan rantai mudah rusak. Lakukan pencegahan dengan melumuri rantai dengan oli.

4. Mono Shock

Mono shock memiliki letak yang berdekatan dengan ban. Tentunya dengan letak seperti ini membuat mono shock dengan mudah terkena cipratan dari air hujan.

5. Velg Roda

Bagian jari-jari velg yang memiliki bahan besi menjadi bagian yang sering berkarat.
Itulah bagian bagian yang paking mudah terkena karat. Cek bagian-bagian tersebut. apabila terlanjur terkena karat.

Cara Menghilangkan Karat

Ada cara unik untuk menghilangkan karat tersebut. Yaitu, gunakan minyak kayu putih. Caranya, bisa kalian tuangkan langsung pada bagian yang berkarat. Gosok bagian tersebut dengan kain. Lakukan hal tersebut berulang ulang hingga karat hilang secara total.

Untuk bagian knalpot pada bagian luar, gunakan oli bekas yang dioleskan secara merata pada bagian yang sudah mulai berkarat. Seperti pada bagian leher knalpot atau pada bagian pipa knalpot. Hidupkan motor lalu biarkan beberapa menit hingga knalpot menjadi panas. Oli yang sudah di oleskan pada knalpot akan bereaksi dan melelehkan karat yang menempel pada knalpot.

Kalian bisa juga membersihkannya dengan menggunakan porstex atau produk pembersih keramik sejenis yang dapat di beli di pasaran. Tuangkan porstex secukupnya ke sebuah wadah, lalu oleskan secara merata pada bagian yang sudah mulai berkarat. Diamkan beberapa saat. Setelah itu ambilah sikat gigi bekas dan gosok perlahan hingga karat menghilang.

Dengan membersihkan karat di motor kalian, tentunya akan membuat penampilan motor kembali seperti baru dan tentunya memperpanjang umur motor.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger