Cara Menyetel Injection Pump Pada Mobil

Cara Menyetel Injection Pump - Banyak orang yang ingin memiliki mobil diesel  yang bertenaga, dan banyak juga yang mengakali agar mobil mereka menjadi lebih bertenaga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyetel pompa injeksi atau yang biasa disebut injection pump.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan penyetelan pompa injeksi atau injection pump yang bisa Anda coba, namun bila Anda adalah orang yang belum begitu paham mesin ada baiknya Anda meminta seorang teman atau kerabat atau bantuan profesional.

Cara Menyetel Injection Pump

1. Saat Pembakaran (timing)

Injection pump sengaja dipasang agar menembakkan bahan bakar sesaat sebelum TMA atau titik mati atas kompresi. Untuk membuatnya lebih bertenaga, dapat dilakukan dengan cara memajukannya saat pembakaran  agar sama dengan waktu TMA, karena dengan melakukan hal tersebut akan membuat pembakaran akan lebih matang.

Cara Menyetel Injection Pump pada mobil
Dalam memajukannya harus dengan benar, karena bila terlalu maju akan berakibat suara menjadi kasar yang berarti membuat mesin cepat panas dan umur mesin akan lebih pendek. 

2. Menambah RPM

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memodifikasi bagaian RPMnya. Anda bisa menambahkan RPM agar mesin dapat berputar lebih kencang karena mendapat tambahan tekanan pada Governor-nya. Sehingga membuat injection pump mempengaruhi mesin untuk berputar lebih kencang. Dengan begitu nafas mesin akan lebih panjang dan menaikkan tenaga.

Perlu diingat bahwa jangan sampai menaikkan RPM terlalu tinggi karena nantinya akan sangat berakibat fatal. Biasanya bila menaikkan RPM terlalu tinggi akan mengakibatkan Kruk As bisa patah, apalagi tidak semua pompa injeksi mempunyai setelah RPM seperti ini.

3. Menyetel Minyak

Semakin banyak minyak yang dikeluarkan maka akan semakin besar tenaga yang terbentuk. Tapi kalau terlalu berlebihan malah akan berakibat buruk. Karena bila terlalu banyak menambahkan minyak justru efek yang timbul kebalikan dari apa yang diinginkan, yaitu membuat mesin menjadi kurang bertenaga. Hal tersebut disebabkan komposisi udara dengan bahan bakar menjadi tidak sesuai.

4. Menyetel Ulang Nosel

Nosel merupakan salah satu komponen penting dalam hal penginjeksian bahan bakar. Anda bisa membuat mesin menjadi lebih bertenaga dengan mencoba untuk menyetel ulang bagian tersebut. apalagi bagian ini harus selalu diperiksa dan dirawat secara berkala.

Perawatan secara berkala harus dilakukan karena nosel mempunyai lubang kecil yang bisa saja tertutupi oleh kotoran atupun kerak yang terbawa dari bahan bakar.

Anda bisa menggunakan cara-cara diatas untuk menaikkan tenaga mesin diesel mobil Anda, namun sekedar saran bahwa untuk hal menyetel minyak sebaiknya dilakukan terakhir saja. Karena jika mesin semakin bertenaga tentunya bahan bakar yang dikonsumsi akan semakin cepat berkurang.

Penyebabnya adalah karena pembukaan bahan bakar akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya, seperti saat belum mengalami tune-up. Dan untuk mendapatkan tenaga yang sama, Anda tak perlu lagi menekan gas sama dalamnya.

Namun bila Anda memang ingin melakukan penambahan tenaga mesin secara maksimal maka Anda baru lakukan cara tersebut walau akan terjadi pemborosan minyak.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mesin Diesel Anda apabila Anda ingin memberikan penambahan tenaga. Yang perlu diingat adalah jangan sampai melakukannya secara berlebihan karena akan berakibat buruk untuk kendaraan Anda. dan untuk yang belum ahli dalam dunia mesin jangan terburu-buru untuk melakukannya sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger