Ciri-ciri Kondisi Busi yang Siap Ganti dan Cara Memasangnya

Ciri Busi yang Siap Ganti

Busi merupakan benda penting bagi semua kendaraan bermotor, termasuk mobil.  Busi sendiri adalah salah satu dalam komponen pengapian yang berfungsi memercikkan bunga api yang di perlukan dalam pembakaran campuran udara dan bahan bakar yang telah di kompresi.

Busi sendiri adalah komponen yang penting dalam kendaraan bermotor. Karena apabila busi tidak bekerja dengan baik, sudah rusak atau mati maka akan mengakibatkan mesin sering mati sendiri, tidak bertenaga dan sulit hidup, dan tentunya akan cepat menghabiskan bahan bakar karena bahan bakar terbakar dengan tidak sempurna.

Umur busi tidak selamanya, ada batasannya untuk selalu di ganti, dan semakin lama pemakaian busi maka akan semakin menurun pula kualitasnya. Cek busi mobil mu secara periodik agar kamu tahu kapan busi-mu harus di ganti.
Berikut cara memastikan busi mobil yang harus di ganti

1. Amati Ujung Insulator dan Electrode Busi

Amati ujung insulator dan electrode busi, jika di ujungnya menunjukan warna abu terang atau warna coklat agak merah bisa di pastikan bahwa kondisi pengapian mesin masih bagus, menunjukan bahwa busi masih berkualitas untuk di pakai.

Namun apabila ujung tersebut terlihat berwarna hitam seperti sisa pembakaran maka sudah waktunya untuk menggantinya dengan yang baru, dan menyeting kembali setelan mesin.
Ciri Busi yang Siap Ganti

2. Perhatikan Performa Mesin

Perhatikan selalu performa mesin mobil mu. Apabila suara yang sering terdengar tersendat dan lambat dalam akselerasi maka kamu harus segera mengecek businya sebelum terlambat. Selain itu apabila busi sudah dalam keadaan tidak baik maka akan terdengar bunyi yang meledak-ledak dari klanpot mobil.

3. Amati Konsumsi Bensin

Apabila konsumsi bensin mobil mu menjadi boros maka sudah saatnya untuk mengganti busi mobil mu. Pembakaran yang tidak sempurna dari busi yang tidak baik akan mengakibatkan mobil mu borors dalam menggunakan BBM.

Cara Memasang Busi Mobil 

Setelah tahu dengan ciri-ciri untuk mengganti busi mobil mu, sekarang adalah saatnya mengetahui cara bagaimana memasang busi mobil dengan benar. Berikut adalah cara untuk memasang busi mobil :
  1. Bersihkanlah bagian busi tadi menggunakan semprotan bertekanan tinggi untuk membersihkan kerak yang menempel pada busi.
  2. Setelah proses pembersihan sudah selesai, maka langkah kedua adalah lepaskan kawat busi dengan cara memutar tutup karet dan menariknya. Jangan langsung menarik kabel busi karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan. Lakukan hingga busi terlepas dari tempatnya.
  3. Perlu di ingat bahwa dilarang untuk menjatuhkan benda apapun itu di atas silinder mesin dan piston. Kerusakan akan makin parah yang timbul apabila ada benda asing jatuh di atasnya.
  4. Pastikan busi yang akan kamu pasang merupakan busi baru yang sesuai dengan mobil kamu. Pasang busi baru yang kamu miliki pada madiang-masing silinder mesin.

Itulah cara mengetahui kualitas busi mobil mu dan cara menggantinya. Semoga bisa membuat mobil mu lebih awet.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger