Inilah Panduan Merawat Mobil Matic Yang Benar

Perawatan Mobil Matic - Mobil matic saat ini sudah mulai menguasai pasar Indonesia, karena kenyamanan berkendara yang diberikan oleh mobil matic lebih dari apa yang diberikan oleh mobil manual.

Namun ternyata masih banyak konsumen yang enggan membeli mobil matic, mitos-nya kualitas mobil matic lebih ringkih dari pada mobil dengan transmisi manual. Namun ternyata mitos yang dipercaya tersebut salah besar.

Kualitas mobil matic sebenarnya sangat baik, tangguh dan handal. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya mobil matic yang berseliweran di jalan raya walau sudah berumur 10 tahun lebih atau bisa dikatakan bermesin tua.

Keawetan dari mobil matic tersebut dapat diperoleh dengan melakukan perawatan secara berkala yang dilakukan dengan rutin. Melakukan perawatan secara rutin merupakan salah satu solusi agar mobil matic lebih awet dan tidak cepat rusak serta memiliki umur panjang.

Kita juga bisa membuktikan keawetan mobil transmisi otomatis ini dengan banyaknya layanan taksi premium, dimana taksi premium tersebut menggunakan mobil ber-transmisi otomatis. Kita logika saja bila layanan taksi premium tersebut menggunakan mobil yang selalu bermasalah atau-pun ringkih dan juga mudah rusak maka bisa dipastikan layanan taksi premium tersebut  akan bangkrut.

Namun kenyataannya tidak demikian, terbukti bahwa layanan taksi premium seperti menggunakan mobil Camry, BMW, Hyunday, Alphard dan mobil matic lainnya yang masih berkeliaran beroperasi di jalanan ibu kota.

Walaupun begitu ada juga orang yang sering mengalami mobil matic-nya rusak atau-pun bermasalah. Kerusakan pada mobil matic biasanya terjadi pada orang yang membeli mobil bekas dan baru menggunakan mobil tersebut beberapa saat.

Hal tersebut tentunya membuat sebuah kesan baru pakai langsung rusak. Padahal kita harus mengetahui terlebih dahulu sejarah penggunaan mobil bekas tersebut. karena bisa saja saat digunakan pemilik terdahulu-nya, pemilik terdahulu tersebut tidak merawatnya dengan baik.

Hal tersebut tentunya berbeda apabila kita membeli mobil matic yang benar-benar baru.  Karena kebanyakan orang yang membeli mobil matic baru tidak memiliki banyak keluhan tentang mobilnya. 

Apalagi apabila mobil tersebut benar-benar dirawat dengan baik. Karena pada intinya merawat suatu hal termasuk mobil adalah melakukan perawatan secara berkala sesuai yang dianjurkan oleh pembuat mobil tersebut.

Untuk Anda yang belum begitu mengetahui mengenai cara merawat mobil matic dengan benar, Anda bisa sedikit membaca mengenai perawatan mobil matic di bawah ini.
Cara Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Mobil Matic

1. Buku Petunjuk

Baca buku petunjuk kendaraan Anda. ikuti perawatan berkala yang dianjurkan pada buku petunjuk tersebut. Pastikan juga mengganti oli sesuai dengan jadwal yang tertera pada buku petunjuk tersebut dan gunakan oli yang disarankan oleh pabrik mobil yang Anda beli. 

2. Rasakan Mesin

Apabila mobil Anda digunakan tiap hari tentunya Anda mengenal betul bagaimana mobil Anda. Pastikan tenaga, perpindahan gigi, maupun suara tidak terjadi perubahan.

Apabila terjadi perubahan atau suatu yang mengganjal perasaan Anda, alangkah baiknya Anda membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dicek daripada terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan atau kerusakan akan merambat kebagian mobil lainnya.

3. Periksa Oli

Walaupun dalam buku panduan sudah tertulis setiap berapa kilometer Anda harus mengganti oli, namun alangkah baiknya Anda mengecek-nya secara berkala. Apakah oli pada jumlah yang semestinya atau berkurang. Karena kekurangan oli dapat membuat mesin cepat panas dan tentunya tidak baik untuk kinerja mesin.

Apabila menemukan oli berkurang segera periksa apakah ada kebocoran oli pada mobil Anda. Pada saat terjadi hal seperti ini segera isi oli hingga batas yang seharusnya lalu bawalah ke bengkel terdekat.Karena nyawa dari transmisi matic ditentukan dari jumlah dan kualitas oli.

4. Cara Berkendara

Berkendaralah dengan halus, jangan melakukannya dengan kasar karena akan memperpendek umur mesin.

5. Pahami Transmisi

Transmisi pada mobil matic tentunya berbeda dengan mobil yang memiliki transmisi manual. Untuk itu untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara berkendara dengan mobil matic alangkah baiknya mempelajarinya terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips untuk merawat mobil matic. Semoga artikel ini dapat membantu Anda merawat mobil matic Anda.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger