Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil yang Kurang Pakem

Rem Mobil Kurang Pakem

Rem merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Bagaimana tidak? Rem berhubungan dengan nyawa dan keselamatan penumpang dan orang lain di sekitar kendaraan tersebut, maka sangat di sarankan apabila terasa rem kurang pakem ketika berkendara, harap menjalankan kendaraan dengan kecepatan yang rendah.

Atau untuk lebih amannya perbaiki terlebih dulu rem yang kurang pakem tersebut. Karena rem yang tidak bekerja secara maksimal menjadi faktor yang sering menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Banyak penyebab dari ketidak pakemnya rem kendaraan kita. Untuk memperbaikinya kita harus mengetahui terlebih dahulu akar masalah mengapa rem tersebut tidak bekerja secara maksimal.

Sebab Rem Mobil Kurang Pakem

Berikut adalah sebab biasanya rem tidak pakem dan bagaimana cara mengatasinya :

1. Kanvas Rem Tipis dan Basah

Jika kanvas rem terkena air, maka yang terjadi adalah rem akan menjadi lebih licin dari biasanya sehingga tidak bisa mencengkeram dengan sempurna. Kanvas rem yang sudah habis juga akan membuat rem tidak berfungsi dengan baik, jadi cek terus kesehatan kanvas rem sebelum berkendara, dan ganti apabila kanvas rem sudah tidak bisa digunakan lagi.

2. Master Hidrolik Rem Bawah dan Atas Bocor atau Macet

Apabila kita menemukan master hidrolik yang bocor atau macet ketika melakukan pengecekan maka piston rem tidak akan berfungsi secara maksimal. Kerusakan biasanya terjadi akibat dari karet sil yang aus atau bocor.

Bila aus maka akan terlihat dari permukaan tabung minyak rem ketika rem di injak dan di kocok hingga dua kali minyak rem tidak turun melainkan naik kembali keatas permukaan, jika bocor akan terlihat ada kebocoran di antara master em dan servo atau booster.

Untuk memperbaikinya gantilah karet sil pada sil master hidraulik. Dengan begitu master hidrolik akan kembali bekerja dengan baik.
Rem Mobil Kurang Pakem

Rem Mobil Kurang Pakem

3. Servo atau Booster Rem Rusak

Masalah pada rem yang sering terjadi selanjutnya adalah servonya yang mengalami kerusakan atau kebocoran. Servo yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan rem yang menjadi tidak enak diinjak.

Biasanya kebocoran pada servo akibat dari pemasangan sambungan antara rumah bagian depan dan belakang yang tidak di pasang dengan pas atau tidak rata. Pada bagian belakang servo apabila terjadi kebocoran maka akan terdengar bunyi mendesis dari bagian ini.

Bisa juga pada bagian karet booster atau karet servo yang sobek sehingga mengalami kebocoran. Untuk masalah-masalah tersebut disarankan menggunakan jasa bengkel untuk memperbaikinya karena harus membongkar bagian servo mobil tersebut.

Namun apabila kerusakan yang terjadi hanya bagian sil saja maka tidak perlu membongkar servo, hanya cukup membuka penahan dan congkel keluar silnya lalu ganti. Servo yang bocor ini bisa ketahuan dengan membuka master rem lalu menginjak rem. Apabila servo mengalami kebocoran maka akan keluar udara bocor dari servo rem.

4. Selang Saluran Minyak Rem dan Selang Fleksibel Mampet

Apabila terjadi mampet di selang saluran minyak rem dan selang fleksibel, maka akan mengakibatkan rem kurang pakem dan yang terparah rem bisa saja menjadi blong. Saluran yang mampet ini bisa dilihat dengan ketika niple pembuangan angin minyak rem dibuka, minyak rem tidak mau keluar. Bersihkan selang yang mapet tersebut agar rem bisa digunakan kembali.

5. Setelan yang Digunakan Terlalu Rendah

Apabila setelan yang digunakan terlalu rendah maka cara untuk memperbaikinya adalah dengan cara mengeset ulang kerapatan seluruh kanvas rem di semua roda mobil.

Demikianlah beberapa sebab dari rem yang tidak berfungsi secara maksimal dan cara mengatasinya. Selalu cek terlebih dahulu rem sebelum memulai berkendara.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger