Stang Pada Motor Anda Bergetar? Ternyata Ini Penyebabnya Dan Juga Solusinya

Stang Pada Motor Anda Bergetar ~ Mungkin Anda pernah mengalami kondisi dimana stang motor Anda bergetar ketika Anda tengah di jalan. Kondisi ini cukup berbahaya jika Anda terus memaksanya untuk tetap dijalankan. Karena pada kondisi ini keseimbangan motor Anda menjadi sangat buruk.
Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut?
Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan stang motor bergetar, diantaranya adalah sudah pernah terjatuh atau sering digunakan untuk melintasi jalanan yang berlubang.

Tak hanya itu, masih ada beberapa faktor lain yang turut menyumbang peran dalam kondisi stang motor bergetar tersebut. Beberapa di antaranya adalah yang kami sebutkan dibawah ini.

Stang Pada Motor Anda Bergetar

1. Kondisi Ban Motor

Penyebab stang motor yang pertama adalah kondisi dari ban motor. Ban motor yang terdapat benjolan misalnya bekas tambalan, akan menyebabkan stang motor menjadi tidak stabil sehingga bergetar.

Benjolan ini tentu saja akan Anda rasakan ketika Anda tengah mengendarai motor kesayangan Anda.

Solusi

Jalan keluarnya adalah periksa kondisi ban motor Anda termasuk tekanan anginnya juga yang hendaknya disesuaikan dengan yang dianjurkan.

Jika Anda menemukan adanya benjolan pada ban motor Anda, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan ban yang baru supaya tidak berbahaya bagi Anda ketika Anda mengendarainya.
Stang Pada Motor Anda Bergetar? Ternyata Ini Penyebabnya Dan Juga Solusinya

2. Bearing Roda

Komponen yang berhubungan langsung dengan roda serta berada pada posisi di tengah-tengah roda, inilah yang dinamakan dengan bearing roda. Bearing roda ini juga turut berperan dalam menyebabkan stang motor bergetar.

Solusi

Solusinya adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap bearing roda, jika ditemukan adanya bantalan peluru yang retak ataupun pecah, segera ganti bearing roda Anda. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Anda hanya perlu menggoyangkan roda ke kanan dan ke kiri bila terasa bergoyang, bearing roda Anda memang hendaknya diganti.

3. Komstir

Komstir memiliki peran yang besar dalam hal pengendalian yang berada di sumbu antara rangka motor dengan segitiga garpu depan. Komstir dapat rusak karena bola-bola besi serta mangkuk-mangkuk besi yang sudah aus. Faktor umur komstir juga berpengaruh terhadap stang motor yang bergetar.

Solusi

Sebagai jalan keluarnya, Anda hendaknya mengganti komstir motor Anda jika memang sudah tidak layak pakai dengan yang baru, dan usahakanlah untuk menggunakan suku cadang dalam kondisi baru dan juga asli.

4. Kondisi Peleg motor

Kondisi peleg yang dimaksud adalah speleng atau peleg yang bengkok. Cara mengeceknya dapat dilakukan dengan memposisikan motor Anda supaya berdiri, lalu putarlah ban motor Anda dan perhatikan gerakannya.

Jika Anda menemukan adanya bagian yang bergoyang, ini bisa menjadi indikator ada peleg yang bengkok.

Solusi

Untuk menjaga keselamatan Anda, jalan keluar dari penyebab stang motor bergetar yang keempat ini adalah dengan menggantinya dengan peleg yang baru.

5. Segitiga Dudukan Stang

Ini adalah penyebab kelima dari stang bergetar, yakni segitiga dudukan stang yang menghubungkan antara stang itu sendiri dengan shockbreaker, yang umumnya terjadi karena ketidaksejajaran antara garpu kanan dengan garpu kiri.

Anda dapat mengeceknya dengan cara meluruskan stang di tempat yang rata lalu ukur dengan menggunakan fuller.

Solusi

Jika Anda menemukan adanya ketidaksejajaran tersebut, silahkan bawa motor Anda ke bengkel kepercayaan Anda supaya dapat dengan segera diperbaiki.

6. Shockbreaker

Faktor yang terakhir yang dapat menyebabkan stang motor bergetar adalah rusaknya shockbreaker yang bisa diakibatkan karena terjatuh sehingga posisinya menjadi tidak lurus ataupun tidak presisi.

Penyebab lainnya adalah karena karet bantal shockbreaker terlalu rapat atau bahkan tidak solid.

Sedangkan fungsi dari shockbreaker adalah untuk menyerap kejutan yang berasal dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang sehingga Anda sebagai pengendara dapat merasa nyaman.Nah jika fungsi shockbreaker ini terganggu, sudah pasti akan menyebabkan Anda tidak nyaman bukan?

Solusi

Solusinya adalah dengan membawa motor Anda segera untuk diperbaiki supaya keselamatan Anda ketika mengendarainya lebih terjamin. Jika memang shockberaker tersebut masih layak dipakai, silahkan hanya diperbaiki.

Tetapi jika memang sudah tidak layak pakai, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

Demikian artikel yang mengulas mengenai penyebab stang motor menjadi bergetar, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger