Tips Memilih Ban Motor Yang Baik Dan Benar

Tips Memilih Ban Motor Yang Baik Dan Benar ~ Ban merupakan komponen penting dalam motor untuk berkendara. Karena bisa terjadi kecelakaan bila ban aus atau bocor sehingga tidak bisa berkendara lagi.

Sebenarnya merupakan hal mudah untuk membeli ban untuk kendaraan, namun tentunya sebelum membeli pilih ban yang memang bagus agar terhindar dari kecelakaan.
Tips Memilih Ban Motor Yang Baik Dan Benar

Tips Memilih Ban Motor Yang Baik Dan Benar

Perhatikan beberapa hal di bawah ini saat membeli ban

1.Pilih yang Memiliki Permukaan Telapak Sedang

Untuk digunakan sehari-hari pilihlah ban yang memiliki telapak sedang. Yang artinya bukan ban yang memiliki telapak kecil karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

Ban telapak kecil biasanya digunakan untuk balapan karena tidak menyedot tenaga yang begitu besar dengan beratnya yang tergolong enteng. Dan juga ban kecil membuat irit bahan bakar.

Negatifnya adalah ban dengan ukuran tapak yang kecil membuatnya menjadi sering terpeleset, terpelanting bahkan ban yang mudah pecah.

2. Jenis Ban

Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran. Yaitu ban kering dan ban basah. Untuk ban kering biasanya digunakan untuk arena balapan seperti motoGP misalnya. Sedangkan ban basah adalah ban yang cocok digunakan untuk sehari-hari.

Pasalnya di Indonesia memiliki musim hujan yang membuat air mengairi jalanan, dan juga membuat becek beberapa tempat dan menimbulkan lumpur. Oleh karena itu ban basah yang memiliki alur bisa mengalirkan air  pada saat kendaraan melewati genangan sehingga tidak mudah tergelinir.

3. Tujuan Ban

Pemilik kendaraan memiliki tujuan berbeda-beda untuk kendaraan mereka, seperti untuk balapan, harian atau touring. Dari ketiga hal tersebut tentulah jenis ban yang digunakan berbeda-beda. Oleh sebab itu sesuaikan ban dengan tujuan untuk apa kendaraan tersebut di pakai.

4. Sesuaikan Ukuran denga Pelek

Jangan sampai ban lebih besar atau lebih kecil dari ukuran pelek. Sebab bila ukuran tidak sesuai cengkraman ban akan berkurang dan mengancam keselamatan. 

5. Alur Ban

Seperti yang sudah dibahas di atas apabila penggunaan ban yang cocok di Indonesia adalah ban basah atau ban yang memiliki alur. Lebih disarankan untuk pengendara memilih alur yang berbeda untuk ban depan dan ban belakang.

Ban depan bila dilihat dari depan  harus memiliki pola berbentuk A, sedangkan ban belakang bila dilihat dari arah yang sama harus memiliki bentuk V. Dengan begitu ban depan akan langsung melewati air ke arah samping, sedangkan ban belakang mempunyai fungsi untuk menstabilkannya.

6. Sesuaikan Jenis Jalan

Kondisi jalan yang sering dilalui berpengaruh terhadap pemilihan ban. Bila jalan yang sering dilewati tiap harinya berupa jalan terjal tanpa aspal yang berisi bebatuan maka harus menggunakan ban untuk off-road agar lebih aman.

Sedangkan apabila jalan yang di lalui jalan biasa dengan aspal halus, maka ban biasa bisa menjadi pilihan.

7. Perhatikan Reputasi Merek Ban

Dengan memperhatikan reputasi merek ban, anda bisa mendapatkan ban dengan kualitas baik. apalagi dengan ban yang di pakai di ajang balapan terkenal. Tentunya ban tersebut bisa di andalkan.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi patokan dalam memilih ban. Semoga bisa bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger