6 Keuntungan Ban yang Diisi dengan Nitrogen

Pengisian Nitrogen untuk ban kendaraan sudah tidak asing lagi belakanga ini. Tempat pengisian nitrogen untuk ban kendaraan juga sudah banyak tersebar di beberapa pom pengisian bahan bakar kendaraan yang ada di berbagai kota di Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa penggunaan nitrogen mulai menggantikan penggunaan angin melaliu mesin kompresor. Pengguna kendaraa bermotor mulai berpindah mengisi angin ban dengan nitrogen karena kabarnya nitrogen memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan nitrogen dibanding angin dari kompresor? Inilah beberapa diantaranya:
6 Keuntungan Ban yang Diisi dengan Nitrogen


6 Keuntungan Ban yang Diisi dengan Nitrogen

1. Bentuk Serta Ukuran Ban Menjadi Lebih Terjaga

Ban yang terisi nitrogen akan lebih terjaga bentuk dan ukurannya. Hal ini disebabkan oleh nitrogen yang memiliki unsur lebih stabil dibandingkan dengan angin yang berasal dari kompresor. Jika tekanan pada ban lebih stabil, maka pola ukuran pada ban akan terjaga.

Sedangkan jika tekanan yang ada pada ban tidak stabil, maka ban akan mudah kempis. Jika dibiarkan terus menerus dapat berakibat buruk  dan merusak bentuk serta ukuran ban.

2. Tekanan Pada Ban Lebih Stabil

Seperti yang sudah dikatakan dalam point pertama bahwa nitrogen memiliki unsur yang stabil. Oleh karena itu tekanan pada ban yang menggunakan nitrogen akan lebih stabil daripada yang tidak. Jika Anda mengisi ban dengan angin biasa yang berasal dari kompresor, biasanya isinya adalah campuran dari berbagai udara salah satunya oksigen.

Unsur yang ada dalam oksigen dan nitrogen itu berbeda. Pada suhu tertentu tekanan pada oksigen akan berubah-ubah dan tidak stabil. Namun pada nitrogen tidak demikian karena unsur yang terkandung berbeda. Pada nitrogen unsur unsur didalamnya tidak mudah dipengaruhi dan terkontaminasi oleh unsur lainnya. Sehingga tekanan pada ban menjadi lebih stabil.

3. Lebih Tahan Lama

Udara di dalam ban akan lebih tahan lama jika diisi oleh nitrogen. Karena sifat nitrogen yang lebih stabil membuat tekanan dalam ban lebih bertahan lama daripada menggunakan angin yang berasal dari kompresor. Udara yang ada didalamnya lebih terjaga volumenya karena udara tidak mudah menyusut saat berada di keadaan tertentu.

Dengan stabilnya isi tekanan ban membuat Anda tidak perlu sering sering mengisi angin pada ban kendaraan Anda. Terlebih di daerah Indonesia yang suhunya sering berubah-ubah akan membuat ban Anda cepat kempes jika hanya di isi oleh angin biasa.

4. Anti Embun dan Tidak Menghasilkan Unsur Air

Nitrogen tidak memiliki kandungan air. Hal ini berbeda dengan angin biasa yang pada umumnya ketika mengalami suatu reaksi dapat menimbulkan air ataupun embun. Karena ketika ada air terlalu ada di dalam velg akan menimbulkan korosi. Dan juga air yang terdapat pada ban akibat dari reaksi kimia akan menambah beban kendaraan sehingga akan mempengaruhi kondisi dari ban itu sendiri.

5. Handling lebih Baik

Sudah banyak yang membuktikan bahwa menggunakan nitorgen membuat kendaraan menjadi lebih stabil apalagi untuk urusan handling. Hal tersebut karena sifat dari nitrogen yang memberikan ketsabilan pada tekanan pada ban.

6. Daya Cengkram pada ban menjadi lebih baik

Grip atau daya cengkram dari ban yang diisi nitrogen jauh lebih baik dari pada ban yang diisi dengan angin biasa. Penyebabnya adalah nitrogen yang memberikan tekanan stabil pada ban. Dengan memberikan daya cengkarm tentu membuat kendaraan lebih mantab untuk dikendarai.

Selain itu hal positif lain yang dapat ditumbulkan oleh daya cengkram yang baik adalah membuat akselerasi menjadi lebih baik, penggunaan bahan bakar menjadi optimal, dan juga memperpanjang umur ban yang dikarenakan gaya gesek yang ditimbulkan lebih baik.

Nitrogen memang memiliki banyak keunggulan, namun karena harganya yang lebih mahal dari pada udara biasa maka membuat banyak masyarakat enggan memakainya. Apalagi untuk menemukan tempat pengisian nitrogen cukup sulit karena tidak semua pengisian angin atau tambal ban di pinggir jalan memilikinya. Biasanya hanya terdapat di pom bensin besar dan bengkel-bengkel besar saja.

Isi Tekanan Ban Sesuai Anjuran Pabrik

Setelah tahu mengenai kebaikan nitrogen untuk ban kendaraan, sekarang saatnya mengetahui untuk menerapkan nitrogen pada band kendaraa Anda agar dapat merasakan manfaat maksimal dari penggunaan nitrogen.
  1. Sesuaikan tekanan nitrogen dengan spesifikasi ataupun beban yang dianjurkan. Untuk dapat mengetahui spesifikasi atau beban yang dianjurkan bisa dengan cara melihat kode pada ban atau meliat buku petunjuk.
  2. Baiknya, ban pada tiap sisi memiliki tekanan yang seimbang. Sehingga tiap ban memiliki tekanan yang sama
Itulah beberapa kelebihan dan juga tips menggunakan nitrogen untuk isi dari ban kendaraan Anda. selalu cek ban Anda karena ban merupakan titik fital pada kendaraan dan isi menggunakan nitrogen agar berkendara lebih nyaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger