Inilah Cara Memperbaiki Accu Kering Sepeda Motor Yang Benar

Saat ini hampir semua motor keluaran terbaru telah menggunakan accu kering atau MF Battery (Maintenance Free Battery) untuk sumber dayanya. Aki kering diyakini lebih memiliki performa tinggi dan ketahanan yang kuat, selain itu aki kering juga bebas perawatan karena terdapat separator khusus dan juga grid yang tahan korosi serta tidak memerlukan pengisian air accu atau zuur.

Walaupun begitu, di balik semua kelebihannya, tetap saja aki kering juga bisa mengalami masa aus ketika sudah dipakai sekian lama. Lalu apakah ada cara untuk memperbaiki aki kering yang sudah aus, agar bisa digunakan kembali?

Jika kondisinya tidak parah banget, mungkin bisa. Dan berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki accu kering pada sepeda motor Anda.
Cara Memperbaiki Accu Kering Sepeda Motor

Cara Memperbaiki Accu Kering Sepeda Motor

1. Persiapkan Bahan dan Juga Perlengkapan

Sebelum memulai memperbaiki tentunya harus mempersiapkan terlebih dahulu alat yang akan digunakan. Alat-alat dan bahan tersebut antara lain adalah air accu atau yang biasa disebut zuur, pencungkit untuk membuka cover dari accu atau penutup dari accu, obeng minus dan alat suntikan.

Alat suntikan bisa menggunakan suntikan tinta printer atau suntikan biasa. Bisa juga menggunakan suntikan mainan yang bisa dibeli didepan sekolah-sekolah.

2. Membersihkan Accu

Langkah berikutnya setelah semua bahan dan perlengkapan sudah siap adalah membersihkan accu kering dari semua debu atau kotoran yang menempel pada tiap permukaan accu. Untuk membersihkan dengan lebih cepat gunakan air hangat. 

3. Membuka Penutup Atas Accu Dengan Hati-hati

Setelah membersihkan tiap permukaan accu selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka bagian cover atau penutup bagian atas secara hati-hati dan juga perlahan. Bukalah penutup accu menggunakan obeng minus atau pencukit yang sudah dipersiapkan tadi agar accu tidak mengalami kebocoran.

4. Memasukkan Air Accu Atau Zuur Ke Lubang Accu

Setelah berhasil membuka penutup accu tanpa kebocoran maka akan terlihat tiga buah tutup karet berbentuk bulat pada accu berukuran kecil dan bisa lebih banyak pada pada accu yang berukuran lebih besar.

Bukalah penutup karet tersebut lalu masukan air accu atau zuur kedalamnya menggunakan suntikan dengan hati-hati dan perlahan. Ingat, pengisian zuur atau air aki jangan terlalu penuh.

5. Menutup Kembali Lubang Accu Yang Telah Diisi 

Bila sudah mengisi zuur atau air accu maka selanjutnya adalah menutup kembali penutup karet tadi dengan rapi dan juga rapat agar terhidar dari kebocoran. Jangan lupa untuk mengelap dengan kain lap pada bagian sekitar tutup lubang tadi.

6. Melakukan Charger Tegangan Pada Accu

Sesudah melakukan penutupan dan pembersihan serta yakin bila air accu tidak mengalami kebocoran maka saatnya mencharger accu dengan tegangan.

Caranya adalah dengan menghubungkan accu dengan sepeda motor yang menyala, starter secara perlahan sebagai inject awal dan lakukan starter lagi sebagai penchargeran seperti biasa.

Apabila memiliki trafo cas atau charger transformator tidak usah melakukan cara di atas. Karena menggunakan alat ini bisa lebih cepat mengisi tegangan ke accu.

7. Melakukan Pengecekan Muatan Tegangan

Tahap terakhir setelah melakukan pengisian tegangan adalah melakukan pengecekan terhadap accu apakah benar benar memiliki tegangan atau belum. Jika sudah benar benar memiliki tegangan maka pasang kembali accu kering yang aus dan sudah diperbaiki tadi pada sepeda motor lalu nyalakan motor dan biarkan motor tersebut menyala selama 15 menit sampai tegangan pada accu stabil.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki accu kering sepeda motor yang  sudah aus atau rusak. Silahkan di coba.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger