Ciri – Ciri Aki Mobil Rusak Dan Wajib Segera Diganti

Aki merupakan bagian yang sangat penting dari mobil. Tanpa aki, mobil tidak akan pernah bisa dihidupkan. Berbeda dengan sepeda motor yang masih bisa distarter secara manual.

Karena itu anda harus selalu memperhatikan kondisi aki agar mobil selalu terawat dan siap dipakai kapan saja.

Masalah pada aki ini biasanya timbul karena aki sudah terlalu tua dan tidak terawat. Masalah yang paling utama jika anda mengabaikan kondisi aki adalah mobil tidak akan bisa menyala karena memang tidak dapat distarter.

Hal ini akan sangat menjengkelkan apalagi dalam kondisi yang terburu – buru seperti hendak berangkat ke kantor dan lain sebagainya.

Nah, untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa ciri – ciri aki mobil yang sudah rusak, dan harus segera diganti.
Ciri – ciri aki mobil sudah rusak

Ciri – ciri aki mobil sudah rusak


1. Coba distarter

Salah satu ciri – ciri paling dasar yang menandakan bahwa aki sudah habis atau rusak adalah dengan menytarter mobil anda. Jika distarter berkali – kali masih tidak mau hidup, maka sudah dipastikan bahwa aki anda sudah rusak.

Atau anda juga bisa memastikannya dengan cara mencharger aki atau mendorong mobil (barang kali mobil hanya mogok). Namun jika cara itu masih belum berhasil juga, maka tidak salah lagi kalau aki anda harus diganti.

2. Usia aki

Usia aki juga dapat dijadikan indikator kesehatan aki. Layaknya manusia, semakin tua aki, maka kinerjanya semakin menurun. Untuk mengecek usia aki, anda dapat melihat tanggal kapan terakhir kali mengganti aki anda.

Umumnya setiap bengkel akan mencantumkan tanggal setiap kali anda melakukan penggantian aki. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat memeriksa berapa usia akinya.

Aki yang normal dapat bertahan kurang lebih dua tahun sejak penggantian. Namun, waktu ini bisa semakin cepat atau semakin lambat tergantung intensitas pemakaian anda. Seperti yang telah kita ketahui, aki akan menguap setiap kali anda menggunakan mobil.

3. Air aki keruh

Terkadang aki terlihat masih banyak tapi sudah tidak dapat bekerja maksimal. Mengapa hal ini terjadi? Untuk memastikannya, anda dapat melakukan cek langsung.

Lihat kejernihan aki anda. Jika aki terlihat sangat keruh, kemungkinan itu lah yang menyebabkan performanya berkurang. Kekeruhan ini biasanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang masuk. Oleh sebab itu, anda harus mengganti aki yang sudah kotor ini dengan yang baru.

4. Bau aki tercium

Masalah ini dapat diidentifikasi dengan cara mencium bau akinya. Jika bau tersebut sudah tercium menyengat dan tidak sedap, maka kemungkinan aki sudah rusak.

Bau ini sebenarnya berasal dari sel – sel aki yang rusak. Tandanya saat mobil distarter, aki akan terlihat seperti air yang mendidih. Dan tanda lain adalah sel aki yang sudah mengembang atau remuk.

5. Tegangan kurang dari 10 volt

Cara ini dapat anda lakukan dengan mencharger aki anda ataupun melakukan tester. Jika hasil yang didapatkan kurang dari 10 volt, maka dapat dipastikan aki anda sudah rusak.

Dengan tegangan serendah ini tidak akan bisa digunakan untuk menghidupkan mobil anda.

Itulah ciri – ciri dasar aki telah rusak. Selain itu anda juga dapat mengetes performa aki dengan membunyikan klakson dan menyalakan lampu saat mobil dalam keadaan mati.

Jika bunyi klakson tidak sekeras saat mobil hidup, maka itu tandanya performa aki sudah mulai menurun. Begitu pula dengan lampu, cahayanya akan terlihat redup.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger