Edisi review!!! Perbandingan Spesifikasi Dan Harga 4 Mobil Murah Di Indonesia Saat Ini

Geliat industri kendaraan bermotor di tanah air semakin bergairah sejak diterapkannya peraturan Menteri Perindustrian No.33/M-IND/PER/7/2013 mengenai pengembangan industri kendaraan bermotor roda empat yang ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau.

Produsen mobil pun berlomba-lomba meluncurkan kendaraan LCGC (Low Cost Green Car) produksinya untuk menggaet lebih banyak konsumen yang mendambakan mobil dengan harga terjangkau. Jika Anda tertarik untuk membeli salah satu mobil murah atau LCGC, berikut ini kami hadirkan perbandingan spesifikasi 4 mobil murah di Indonesia yang layak Anda perhitungkan.
Spesifikasi dan Harga 4 Mobil Murah Di Indonesia


Spesifikasi dan Harga 4 Mobil Murah Di Indonesia

1. Suzuki Karimun Wagon R

Mobil murah pertama yakni Suzuki Karimun Wagon R  yang meneruskan kepopuleran generasi penerusnya yang legendaris Suzuki Karimun

City car berkapasitas 5 penumpang ini memiliki desain mungil  cenderung mengkotak dengan sedikit facelift pada grille dan lampu depan yang diperbarui. Meski termasuk mobil murah, desain interior Karimun Wagon R tidak murahan dan terasa nyaman dipandang mata. 

Mobil ini mengusung mesin DOHC 3 silinder segaris bertipe K10B berkapasitas 998 cc denga 5 percepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 68 ps pada putaran 6.200 rpm serta torsi maksimum 90 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Suzuki Karimun Wagon R varian GS yang merupakan varian Wagon R tertinggi dilepas di pasaran di kisaran harga Rp. 120 jutaan sedangkan varian Karimun Wagon R standar dilepas di kisaran harga Rp. 77-99 jutaan.

2. Honda Brio

Honda juga turut meramaikan pasar LCGC dengan meluncurkan Honda Brio. Mobil murah berkapasitas 5 penumpang ini mengusung desain yang lebih sporty dan dinamis sehingga sangat cocok dikendarai oleh anak muda.

Honda Brio mengusung mesin berkapasitas 1.198 cc 4 silinder segaris SOHC dengan sistem transmisi 5 percepatan manual. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 88 dk pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimum 109 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Sebagai catatan, Honda Brio memiliki akselerasi tercepat di kelasnya dan mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 10.8 detik. Honda memasarkan mobil LCGC ini dengan harga sekitar Rp. 106-117 jutaan.

3. Datsun Go Panca

Mobil LCGC selanjutnya yakni mobil produksi pabrikan Jepang, Datsun Go Panca. Berbeda dari mobil LCGC lainnya yang berkapasitas 5 penumpang, Datsun Go Panca berkapasitas lebih banyak yakni 7 penumpang.

Karena kapasitasnya lebih besar daripada mobil murah lainnya, dimensinya pun lebih besar daripada LCGC lainnya. Kapasitas ruang bagasi yang ditawarkan pun cukup lapang untuk mobil sekelas LCGC.

Datsun Go Panca dibekali dengan mesin berkapasitas 1.193 cc bertransmisi manual 5 percepatan. Mesin bertipe 3 silinder segaris ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 68 dk serta torsi maksimum 104 Nm. Untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 13.3 detik, masih kalah cepat jika dibandingkan dengan Honda Brio Satya

Mobil yang memiliki fitur Immobilizer dan keyless alarm ini dilepas di pasaran dengan harga Rp. 73-100 jutaan.

4. Kia Morning

Pabrikan Korea Selatan , Kia, juga turut meluncurkan mobil murahnya yang bertajuk Kia Morning. Mobil yang dirilis sebagai penerus generasi Kia Picanto ini memiliki desain yang lebih dinamis dan modern daripada pendahulunya. 

Dari segi dapur pacu, Kia Morning mengusung mesin dengan kapasitas 998 cc 3 silinder bertipe Dual CVVT DOHC dengan sistem transmisi 5 percepatan. Mesin ini mampu memberikan performa yang lebih hemat bahan bakar, dengan tenaga maksimum 69 ps pada putaran 6.200 rpm serta torsi 94 Nm pada putaran 3.500 rpm. 

Sebagai catatan, mesin Dual CVVt DOHC ini merupakan yang pertama kalinya dipasangkan pada mobil murah maupun mobil LCGC. Kia memasarkan mobil ini dengan harga yang lebih mahal daripada mobil LCGC lainnya yakni di kisaran harga Rp. 128 jutaan.

Kesimpulan 

Jika dilihat dari harga, Datsun Go Panca dan Suzuki Karimun Wagon R merupakan mobil dengan harga yang paling murah. Namun, dari sisi performa mesin, Honda Brio bisa dibilang lebih unggul dari pesaingnya. Demikian ulasan perbandingan 4 mobil murah di Indonesia, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger