Tanda-tanda kampas kopling mobil sudah habis

Banyak pengguna mobil kurang memperhatikan bagian yang cukup vital ini, ya kampas kopling. Umumnya mereka hanya memperhatikan eksterior serta mesin mobil dan melupakan kampas ini.

Padahal, jika kampas kopling tidak diperhatikan, akibatnya bisa cukup fatal bagi mobil seperti mogok dan tidak dapat berjalan seperti biasanya.

Maka dari itu, kampas harus benar – benar diperhatikan keadaannya. Namun, kesehatan kampas kopling tidak dapat dikira – kira berdasarkan waktu seperti aki. Karena habis tidaknya kampas sangat tergantung dengan penggunaan.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tanda kampas kopling sudah mulai habis dan harus diganti.
Tanda-tanda kampas kopling mobil sudah habis


Tanda-tanda kampas kopling mobil sudah habis

1. Mobil selip atau tidak bertenaga

Tanda kalau kampas sudah habis yang pertama adalah anda merasakan tenaga mobil sudah tidak maksimal dan lebih sering meraung – raung. Saat ingin melaju kencang, anda pun harus menginjak gas dalam – dalam (berbeda dari biasanya) dan hasilnya pun belum begitu maksimal.

Hal ini menandakan kampas kopling mobil anda sudah tipis dan harus diganti. Namun ada juga penyebab lain yakni setelan kopling yang tidak sesuai sehingga kopling tidak dapat bekerja dengan baik.

2. Oper gigi terasa susah saat mesin sudah panas

Saat mobil dingin, oper gigi dapat dilakukan dengan normal. Namun, saat mesin mulai panas, oper gigi menjadi sangat susah. Hal ini memang cukup membingungkan pengemudi.

Namun, penyebab dibalik hal ini adalah kampas yang sudah tipis. Kampas kopling sudah tidak dapat lagi mencengkram dengan baik saat mobil dalam keadaan panas.

Saat mesin panas, kampas akan lentur dan kopling tidak dapat berfungsi seperti seharusnya, sedangkan saat dingin, kampas akan kembali keras dan kopling dapat berjalan dengan normal.

3. Terdengar gemuruh saat menginjak kopling

Saat menginjak kopling, terdengar suara gemuruh tidak seperti biasanya. Ini disebabkan karena laher mobil sudah harus diganti. Laher yang rusak akan menimbulkan suara gemuruh dan tidak dapat lagi bekerja dengan baik.


4. Tidak bisa oper gigi

Jika pada poin 2 oper gigi terasa susah, maka pada poin ini kondisinya lebih parah lagi, yaitu tidak bisa oper gigi. Jika sudah begini, maka keadaanya sudah fatal.

Mobil anda tidak bisa lagi digunakan sebelum kampas diganti. Kemungkinan kampas sudah sangat tipis atau bahkan jebol. Namun bisa juga dikarenakan setelan kopling kurang pas. Maka dari itu ada baiknya dipastikan dahulu.

5. Terdapat suara seperti menjerit ketika kopling diinjak

Hal ini dikarenakan bearing atau laher sudah mengalami kerusakan. Jika sudah begini sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membawa mobil anda karena kerusakannya dapat semakin meluas ke dekrup. Segera ganti laher atau dekrup anda agar performanya kembali normal.

6. Akselerasi mesin melemah

Saat kampas kopling sudah tipis, akselerasi mesin akan berkurang. Hal ini dikarenakan kampas tidak dapat mentransfer tenaga dari mesin dengan baik.

Memang ini tidak akan mempengaruhi top speed, namun mobil anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai kecepatan tertentu dari pada saat kampas masih tebal.

7. Putaran mesin lebih tinggi dari biasanya

Hal ini merupakan dampak dari melemahnya akselerasi mesin. Putaran mesin akan lebih tinggi karena kampas mulai licin walaupun kecepatannya masih standar.

Itulah tanda – tanda kampas sudah mulai tipis dan harus diganti. Bagi anda yang mengalami tanda – tanda di atas, sebaiknya segeralah ganti kampas kopling anda agar tidak terjadi hal – hal yang lebih merugikan.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger