Mau Tahu Motor yang Pertama Kali Diproduksi Yamaha? Ini Penampakannya

Saat ini Yamaha sudah menjadi salah satu Perusahaan motor terkenal dunia yang telah memproduksi sukses memproduksi ratusan jenis motor yang tersebar ke seluruh belahan dunia.

Produk – produknya pun memiliki banyak peminat dan mampu bersaing dengan produk unggulan dari vendor lainnya. Bahkan Yamaha sudah menunjukkan eksistensinya di dunia balap terkenal yakni Moto GP dimana di ajang tersebut Yamaha berhasil menggaet dua pembalap tersohor, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.
Motor Pertama yang Di Produksi Yamaha
Motor Pertama yang Di Produksi Yamaha

Advertisement

Motor Pertama yang Di Produksi Yamaha

Berbicara mengenai kejayaan Yamaha saat ini, menarik untuk membahas awal – awal perjuangan Yamaha merintis usahanya dengan merilis motor – motor pertamanya pada era 90-an. Menurut informasi, Yamaha pertama kali merilis motornya pada tahun 1950-an. Motor pertama yang dirilis oleh Yamaha yaitu motor Yamaha YA-1.

Pada masa itu, motor ini tergolong unik. Hal ini dikarenakan Yamaha YA-1 tampil beda dibandingkan dengan motor – motor seusianya saat itu. Disaat seluruh motor memiliki warna dasar hitam, Yamaha YA-1 hadir dengan warna coklat kemerahan. Usut punya usut, ternyata saat itu Yamaha menggunakan warna ini karena mendapatkan inspirasi dari warna kacang chesnut.

Meskipun tampil beda dan nyeleneh, di luar dugaan motor ini justru mendulang sukses besar bagi Yamaha. Banyak orang yang menyukai performa mesin dan desain unik motor Yamaha YA-1 saat itu. Selain itu, Yamaha YA-1 juga meraih banyak prestasi mengkilat di dunia otomotif.

Beberapa prestasi yang diraih Yamaha YA-1 antara lain berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Fuji Ascent Race 3 yang diadakan pada tahun 1955. Tidak hanya itu, Yamaha YA-1 juga pernah menguasai sekaligus memenangkan ajang balapan Highlands Asama Race I atau yang biasa disebut Asama Highlands Race I dan All Japan Motorcycle Endurance Race. Deretan prestasi ini lah yang menjadi awal kejayaan Yamaha di dunia Race termasuk pada gelaran Moto GP saat ini.

Advertisement


Meskipun baru pertama kali merilis motor, ternyata Yamaha YA-1 saat itu sudah mampu menguasai dunia balap, hal ini dibuktikan dengan deretan prestasi yang telah disebutkan di atas. Bahkan Yamaha YA-1 mendapatkan julukan Aka-tombo yang berarti capung merah. Hal ini tidak lepas dari desain Yamaha YA-1 yang memang menyerupai capung merah.

Desain Yamaha YA-1 ini pun cukup sederhana karena memang diproduksi pada tahun 1950-an dimana teknologi belum berkembang seperti saat ini. Yamaha YA-1 memiliki panjang 2 meter dan bobot mencapai 100 kg.

Motor ini mengusung satu silinder dan mesin yang memiliki kapasitas 123 cc 2 tak. Selain itu, Yamaha YA-1 saat itu sudah dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang membuat mesin berjalan optimal dengan tenaga keluaran mencapai 5,6 Ps pada putaran 5000 rpm.

Pada masa itu, mesin tersebut sudah mendapatkan rekor mesin tercepat di dunia. Tentunya fakta ini tidak dapat dibandingkan dengan sekarang dimana teknologi sudah berkembang pesat dan mesin motor pun sudah semakin canggih. Pada saat itu juga masih belum ada teknologi fuel injection, jadi bisa dibilang dengan mesin 2 tak, Yamaha YA-1 cukup boros dalam penggunaan Bahan bakar minyak.

Harga motor pertama Yamaha ini ternyata sangat mahal saat itu, saat pertama kali dipasarkan di Jepang, harganya mencapai 138.000 Yen atau apabila dikurskan ke rupiah sama dengan Rp. 16 Juta lebih. Uang 16 juta pada tahun 1950 sudah terbilang sangat fantastis dan tentu hanya orang – orang elit saja yang bisa membelinya.

Nah, bagi Anda yang ingin melihat langsung motor bersejarah ini, Anda bisa menjumpainya di museum milik Yamaha di Shizouka, Jepang.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger