Inilah Penyebab Umum Terjadinya Rem Mobil Blong yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab rem blong pada mobil ~ Rem merupakan bagian vital dari sebuah kendaraan dalam memberikan tingkat keamanan saat sedang berkendara, terutama untuk kendaraan roda empat. Namun sayangnya, akibat kelalaian para pengguna/pemilik mobil dalam menjaga atau merawat mesin mobil membuat rem mobil yang digunakan rawan atau berpotensi blong.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya umum terjadinya rem mobil yang blong beriku ini.
Penyebab rem blong pada mobil

Penyebab rem blong pada mobil

1. Minyak Rem Kering ( Kuantitas Sedikit )

Minyak rem dengan kuantitas yang rendah atau bahkan kering akan menyebabkan fungsi rem tidak berjalan secara optimal. Rendahnya kadar minyak akan menyebabkan rem mobil tidak mampu untuk menahan tekanan pedal sehingga menyebabkan kebocoran atau blong.

Para pemilik mobil wajib untuk melakukan pengecekan kuantitas minyak rem mobil secara rutin sehingga rem dapat digunakan secara maksimal dan tidak mudah cepat rusak.

2. Penggantian Kanvas Rem Mobil Yang Aus

Kanvas rem mobil yang sudah aus membuat tarikan rem mobil menjadi terasa kurang garang. Kanvas mobil yang sudah aus juga menjadi salah satu penyebab rem mobil menjadi blong. Penggantian kanvas rem yang aus menjadi solusi tepat untuk meningkatkan sisi keamanan saat sedang berkendara.

3. Piston Rem Mobil Rusak

Piston rem mobil yang sudah aus tidak akan mampu untuk meneruskan tekanan hidraulis dari pedal untuk menekan kanvas sehingga tidak terjadi pengereman dan menjadi penyebab rem mobil menjadi blong. Para pemilik mobil sangat disarankan untuk melakukan perawatan secara rutin di bagian piston mobil agar kekuatan rem tetap terjaga dengan baik.

4. Selang Minyak Rem Tersumbat dan Kotor

Tersumbatnya selang minyak rem oleh kotoran menjadi salah penyebab umum rem mobil menjadi blong. Kotoran yang terdapat pada selang minyak bisa berasal dari kotoran yang masuk melalui tangki cadangan atau buruknya kualitas minyak rem mobil yang digunakan.

Untuk menangani masalah ini, para pemilik mobil dituntut untuk selalu menjaga kebersihan mesin mobil dengan menggunakan minyak atau bahan lain dengan kualitas yang sudah terjamin.

5. Seal Piston Master Silinder Sobek, Rusak dan Aus

Faktor masa penggunaaan atau seal piston master silinder dan rendahnya kualitas minyak rem yang dipakai menjadi sebagain penyebab rem mobil menjadi blong. Penggantian piston yang rusak atau melakukan sedikit perbaikan terhadap piston yang aus tentu akan menjadi pilihan tepat agar tekanan pedal mobil tetap terasa mantap.

6. Vapour Lock

Vapour Lock merupakan proses penguapan yang disebabkan oleh terlalu panasnya suhu yang menyebabkan minyak rem menjadi mendidih yang menghasilkan gelumbung panas di dalam sistem pengereman. Hal ini menyebabkan tarikan pedal terasa kuat kuat atau bahkan terkesan lepas ( blong ).

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab umum terjadinya rem mobil yang blong. Semoga artikel di atas dapat dijadikan sebagai referensi atas masalah teknis yang berkaitan dengan rem mobil anda. Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger