Penting!!! Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil ~ Saat ini mobil bukanlah lagi barang langka atau super mewah seperti pada zaman dulu, yang hanya bisa di miliki oleh segelintir orang saja.

Terlebih di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini, makin banyak variant mobil yang di desain dengan model yang menarik, tetapi di jual dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, berbagai kemudahan dalam pengajuan kredit mobil, yang di lakukan pihak dealer dalam menarik pelanggan, juga menjadi pemicu mengapa saat ini hampir sebagian masyarakat bisa dengan mudah memiliki mobil.

Tetapi, walau tampaknya begitu begitu, buat anda yang ingin membeli mobil dengan cara kredit, kami sarankan juga tetap harus berhati-hati.

Alangkah baiknya jika anda membaca tips membeli mobil kredit yang kami bagikan berikut, agar anda tak menyesal di kemudian hari.
Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil
Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Tips Bijak Sebelum Membeli Mobil Kredit

1. Tentukan Skala Prioritas

Sebelum Anda membeli mobil secara kredit pastikan dahulu apakah mobil yang akan Anda beli benar – benar sesuai kebutuhan Anda?

Kalau ya, tentukan mobil seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda membutuhkan mobil keluarga atau mobil dengan ruang cukup besar untuk kebutuhan angkut barang, maka sebaiknya Anda harus mencari mobil dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan tersebut. 

Pastikan mobil yang Anda akan beli bukanlah karena keinginan semata atau ikut – ikutan tren melainkan benar – benar mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingat, jangan beli mobil karena gengsi, belilah mobil sesuai dengan kemampuan dan tentunya kebutuhan anda. Oleh karena itu, Anda juga harus meninjau apakah Anda akan membeli mobil baru atau bekas.

2. Maksimalkan Survei atau Cari Informasi secara Mendetail

Jangan sampai Anda membeli kucing dalam karung. Jangan malas untuk mencari informasi mengenai mobil incaran Anda, mulai dari harga, spesifikasi, onderdil, tempat service, garansi, dan sebagainya.

Bandingkanlah beberapa dealer atau show room satu dengan yang lainnya dari segi harga dan kualitasnya.

Selain itu, cari informasi pula mengenai perusahaan pembiayaan atau leasing yang dapat memberikan kredit. Bandingkan satu dengan yang lain.

Jangan ragu untuk bertanya dengan kolega atau teman untuk menanyakan mengenai kualitas mobil incaran Anda. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai adanya cashback, bonus, diskon, atau potongan harga tertentu.

Hal ini dapat meringankan beban biaya yang harus Anda bayarkan ke dealer.

3. Siapkan Anggaran Sesuai Kemampuan

Setelah survei mengenai harga mobil selesai, periksa kembali dengan kondisi dompet Anda. Apakah dana pertama atau DP mobil tersebut bisa Anda penuhi dengan uang yang Anda miliki saat ini ataukah belum?

DP ini menjadi sangat penting karena dapat menentukan besaran cicilan bulanan Anda. Semakin besar DP yang Anda berikan, maka cicilan per bulannya bisa lebih ringan.

Mengingat saat kita memutuskan untuk menggunakan dana pinjaman, maka Anda harus membayar lebih untuk bunga pemberi pinjaman, hal ini menjadikan harga beli mobil Anda menjadi cukup membengkak.

Jika Anda menggunakan dana pinjaman dari leasing, pastikan cicilan bulanan Anda tidak melebihi setengah atau sepertiga dari gaji bulanan atau total pemasukan bulanan Anda.

Jangan sampai anda terlalu memaksakan, hingga bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

4. Siapkan Persyaratan Kredit Mobil

Saat Anda mengajukan kredit mobil ke perusahaan pembiayaan atau leasing atau Bank, Anda akan dimintai beberapa dokumen penting. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya dengan baik.

Tiap perusahaan pembiayaan barangkali memberikan persyaratan yang berbeda – beda akan tetapi kebanyakan Anda akan diminta fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Pajak Bumi dan Bangunan, slip atau struk gaji, serta rekening tabungan tiga bulan terakhir.

5. Buatlah Simulasi atau Kalkulasi Biaya Kredit Mobil Anda

Sebelum memutuskan membeli mobil secara kredit, Anda wajib melakukan kalkulasi terlebih dahulu mengenai biaya mobil yang hendak Anda bayarkan, berapa persen bunga kredit, berapa bulan Anda harus membayarnya, dan seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan guna menebus mobil tersebut.

Jika di rasa terlalu besar selisihnya antara harga tunai, maka sebaiknya pertimbangkan lagi.

Nah itu dia diatas beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan sebelum melakukan kredit kendaraan/mobil. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger