Inilah Tips Mengedarai Motor yang Benar Saat Angin Kencang

Tips Bersepeda Saat Angin Kencang ~ Situasi jalanan dengan hembusan angin yang kencang menuntut para pengendara sepeda motor untuk lebih waspada terhadap keamanan saat sedang berkendara. Keadaan ini biasanya terjadi saat musim hujan.

Dan bahayanya lagi jika angin yang berhembus di barengi dengan hujan yang deras. Nah, untuk mengantisipasi kejadian buruk akibat angin kencang, berikut ini kami bagikan beberapa tips yang layak di pertimbangkan.
Tips Bersepeda Saat Angin Kencang
Tips Bersepeda Saat Angin Kencang

Tips Bersepeda Saat Angin Kencang

1. Memperkirakan Tingkat kecepatan

Saat sedang berkendara, para pengendara sepeda motor wajib untuk memperkirakan laju kecepatan selama perjalanan.

Bobot motor harus disesuaikan dengan terpaan atau kecepatan angin yang menerpa sehingga keseimbangan tetap terjaga.

Jika angin bertiup terlalu kencang, sangat disarankan bagi para pengendara sepeda motor untuk berhenti sejenak untuk menghindari hal – hal buruk yang mungkin terjadi.

2. Memantau arah datangnya angin

Pemantauan arah datangnya angin yang berhembus kencang menjadi salah satu trik yang dapat dicoba untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Dengan mengetahaui arah datangnya angin, para pengendara sepeda motor dapat melakukan harmonisasi laju kecepatan sehingga kestabilan saat sedang berkendara tetap terjaga.

3. Merasakan kekuatan hembusan angin

Untuk meningkatkan keamanan saat berkendara dalam situasi angin kencang, para pengendara sepeda motor harus bisa merasakan kekuatan hembusan angin yang menerpa.

Sebagai contoh, untuk angin yang datang dari arah kanan, para pengendara sangat disarankan untuk melakukan sedikit perlawanan dengan cara menekan stang motor bagian kanan yang disesuaikan dengan kekuatan hembusan angin.

4. Perhatikan posisi badan saat sedang berkendara

Posisi badan sangat menentukan tingkat keseimbangan saat sedang berkendara. Para pengendara motor wajib untuk menyeimbangkan kaki dan berat badan dalam posisi tegak dan relaks yang akan membantu meningkatkan kestabilan saat sedang berkendara di jalanan dengan angin yang kencang. 

5. Merendahkan bagian punggung saat diterpa angin kencang

Hal ini merupakan cara paling umum yang sering dilakukan oleh para pengendara sepeda motor saat sedang berkendara.

Dengan sedikit merendahkan bagian punggung ke bagian depan dipercaya dapat mengurangi tinggi guncangan dari terpaan angin sehingga keseimbangan badan akan tetap stabil.

6. Menggunakan Helm

Penggunaan helm menjadi salah satu tips aman saat berkendara dalam situasi angin yang kencang.

Helm akan melindungi penglihatan para pengendara sepeda motor dari debu yang datang dari hembusan arah angin sehingga tingkat visibilitas para pengendara akan terjaga dengan baik dan meningkatkan keamanan saat sedang berkendara.

7. Memperhatikan Medan Jalan

Situasi angin kencang saat sedang berkendara sering menimbulkan rasa gelisah bagi para pengendara sepeda motor. Hal ini akan mempengaruhi tingkat keseimbangan para pengendara sepeda motor dalam mengatur laju kecepatan.

Dalam situasi seperti ini, para pengendara sepeda motor wajib untuk memperhatikan medan jalan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keamanan berkendara dalam situasi angin yang kencang. 

Nah, demikian ulasan singkat mengenai beberapa tips bersepeda motor saat angin kencang. Semoga ibermanfaat.

Tips Bersepeda Saat Angin Kencang

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger