Tips Memilih Oli Dan Aki Yang Benar

Tips Memilih Oli Dan Aki ~ Seperti yang telah kita ketahui, oli merupakan cairan atau fluida di dalam mesin yang memiliki fungsi melindungi mesin sehingga mesin dapat terhindar dari kerusakan.

Sedangkan aki merupakan sumber dari arus listrik untuk kendaraan, yang berperan dalam menyalakan mesin kendaraan. Aki berfungsi sebagai penghasil serta penyimpan dari daya energi listrik sekaligus menjadi penghimpun daya energi listrik.

Ada banyak jenis oli dan aki yang beredar di pasaran saat ini. Namun dalam memilih dua benda tersebut Anda tidak bisa sembarangan karena tentu saja akan berdampak pada kinerja kendaraan yang Anda punya.

Nah supaya Anda dapat memilih aki maupun oli dengan benar, Anda dapat mengikuti tips berikut ini.

Tips Memilih Oli Dan Aki


1. Tips Memilih Oli

Tips Memilih Oli Dan Aki

Dalam memilih oli, hal mendasar yang perlu Anda pahami adalah mengenai kekentalan oli atau SAE (Society of Automotif Engineers) dan kualitas oli atau API (American Petroleum Institute).

Dan selain dari dua hal tersebut, ada beberapa tips yang akan dipaparkan di bawah ini untuk memandu Anda dalam memilih aki, yaitu:

a. Perhatikan Fungsi Kendaraan

Dalam beberapa kasus, terkadang kendaraan difungsikan untuk beberapa hal yang berbeda. Misalnya untuk membantu aktifitas sehari-hari entah itu untuk bekerja, ojek ataupun hal lainnya dan ada juga yang difungsikan untuk racing.

Dengan perbedaan fungsi dari kendaraan yang Anda miliki, tentu berbeda pula oli yang akan Anda gunakan.

b. Perhatikan Suhu Lingkungan

Pada beberapa jenis oli, ada yang dikemas dengan menyertakan kode spesifikasi yang menunjukkan penggunaan oli yang cocok ketika sedang berada pada kondisi apa, misalnya kode ‘W’ yang artinya adalah winter, berarti oli ini dikhusukan untuk kondisi yang dingin.

c. Kenali Spesifikasi Kendaraan

Sistem kerja dari sebuah kendaraan dengan berbeda spesifikasi tentu akan berbeda pula jenis oli dan karakter oli yang dibutuhkan.

Misalnya pada motor 4 tak, oli yang dibutuhkan hanya 1 jenis untuk semua bagian, akan tetapi pada motor 2 tak, dibutuhkan dua jenis yakni untuk mesin dan untuk oli samping

d. Jumlah Silinder Mesin

Kebutuhan oli pada kendaraan dengan silinder tunggal akan berbeda dengan kendaraan yang multi silinder. Memang dalam kemasan oli tidak dicantumkan mengenai spesifikasi penggunaan oli apakah itu digunakan untuk yang silinder tunggal atau untuk multi silinder.

Dan Anda bisa meminta rekomendasi pada produsen kendaraan mengenai hal ini, sehingga Anda bisa mendapatan oli terbaik untuk kendaraan Anda.

2. Tips Memilih Aki

Tips Memilih Oli Dan Aki

Aki memiliki hubungan yang erat dengan sistem kelistrikan dari sebuah kendaraan, dan anda bisa dengan mudah menjumpai banyak aki dengan berbagai jenis merk di pasaran.

Namun, dalam hal memilih aki, Anda tidak boleh sembarangan karena salah-salah Anda keliru memilih aki dan berimbas buruk pada kendaraan Anda.

Nah berikut ini adalah tips-tips yang dapat Anda jadikan pedoman dalam memilih aki untuk kendaraan Anda:

a. Pilih aki yang benar-benar pas untuk kendaraan Anda

Seperti yang kita ketahui, aki ada dua jenis yakni aki kering dan aki basah. Kedua jenis aki tersebut memiliki perbedaan yang jelas hanya dengan melihat dari bentuknya saja, dan Anda hendaknya paham terlebih dahulu mengenai dua jenis aki ini.

Lebih bagus jika Anda memilih aki kering karena kekuatannya lebih bagus dibandingkan dengan aki basah. Namun, aki kering ini harganya lebih mahal.

b. Cek Merk dan Garansi

Anda juga harus melakukan kedua hal ini untuk mendapatkan aki yang terbaik untuk kendaraan Anda. Jika memungkinkan, bertanyalah terlebih dahulu kepada teman, saudara atau orang yang bisa memberikan rekomendasi kepada Anda mengenai oli merk apakah yang cocok untuk kendaraan Anda.

Dan jangan lupa untuk menanyakan garansi aki pada penjual. Anda bisa meminta bukti berupa pernyataan soal garansi ini beserta nota pembeliannya.

c. Perhatikan Kapasitas Aki

Aki akan berpengaruh terhadap kinerja kelistrikan kendaraan Anda, sehingga dalam memilih aki, hendaknya Anda memilih aki yang tidak melebihi tegangan dan kapasitas standar dari kendaraan Anda.

Semua jenis aki entah itu aki kering ataupun aki basah memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda. Cermati dahulu mengenai dimensi, ukuran, amper dan kapasitas tegangan aki aki sehingga Anda tidak keliru dalam membeli aki.

d. Hindari Aki Rekondisi

Anda bisa saja menggunakan aki rekondisi ini dengan pertimbangan harganya lebih murah. Namun, tentu saja ini akan beresiko pada komponen kelistrikan kendaraan Anda, karena aki rekondisi ini adalah aki bekas yang telah digunakan namun masih bisa dipakai dengan cara charger ulang.

Demikian artikel yang mengulas tentang tips memilih oli dan aki ini, semoga dapat membantu Anda untuk mendapatkan oli dan aki yang terbaik untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger