Cara Memperbaiki Motor Cb 100 Dengan Modifikasi Ringan

Cara memperbaiki motor CB 100 sebenarnya cukup memperhatikan beberapa gejala atau kondisi yang kurang nyaman sewaktu berkendara. Namun untuk kamu yang ingin mengubah atau memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas mesin, tidak ada salahnya untuk mengganti beberapa komponen.

Cara Memperbaiki Motor Cb 100

Cara Memperbaiki Motor Cb 100

Mengganti Sparepart Motor CB 100 yang Perlu Diganti

Agar CB 100-mu nikmat dikendarai, mengganti beberapa komponen mesin sebagai cara memperbaiki motor CB 100 adalah cara terbaik yang saya sarankan untukmu.
Apalagi motor CB 100 merupakan motor tua yang memerlukan perawatan dan penggantian secara berkala agar kualitas mesin tetap terjaga dan motor bisa kamu kendarai tanpa takut mogok di jalan.
Sparepart motor yang perlu diperhatikan seperti kelistrikan karena digunakan untuk menyalakan atau menghubungkan berbagai komponen agar motor melaju dengan baik, termasuk lampu depan, sein, speedometer, kontak mesin, dan lain sebagainya.
Kamu perlu memastikan kabel utama pada motor CB 100 karena bisa saja usia kabel lebih dari 15 tahun.

Memodifikasi Motor CB 100 Demi Kualitas yang Baik

Selain memperhatikan kelistrikan, kamu harus mengerti tentang peningkatan (kondisi) mesin CB 100 karena motor ini memiliki usia yang lumayan tua.
Mengganti beberapa bagian mesin akan memberikan hasil yang menyenangkan saat motor kamu ajak jalan-jalan.
Di bawah ini saya berikan informasi tentang modifikasi ringan untuk motor CB 100 agar tetap prima.
  1. Untuk CB 100 yang masih menggunakan Accu, saya sarankan kamu menggantinya dengan CDI Shogun lama yang apinya lebih besar. Kamu bisa mengganti platina ke CDI menggunakan dua cara, yaitu menempelkan pulser di bekas dudukan platina yang tidak saya anjurkan. Karena jarak pengapian yang terlalu pendek akan membuat pengapian bisa berubah-ubah bergantung kelayakan noken AS. Langkah selanjutnya adalah menempelkan pulser ke AS Kruk. Saya sarankan untuk menggunakan pulser yang asli, seperti milik Honda Tiger: Kwak Binter Joy. Caranya cukup sederhana, yaitu cukup memotong plat besi sekitar 1x1,5 sentimeter dengan tebal 2 mm. las di AS Kruk bagian bawah, lalu buat dudukan untuk pulsernya. Jarak pulser dan plat sekitar 1,5 mm.
  2. Kalau kamu menginginkan tenaga yang lebih dari CB 100 milikmu, silakan mengganti karburator yang Spuyer-nya lebih besar. Kamu bisa menggantinya dengan Spuyer milik GLpro atau pun Tiger.
  3. Memperbesar CC. Piston milik CB 100 bisa kamu ganti dengan GLpro. Pastikan liner atau boring-nya diganti dengan ukuran yang lebih besar kalau ingin aman. Untuk piston GLpro, kamu perlu memotong blok mesin bagian bawah. Lalu menambahkan stroke atau langkah piston seperti memindah pin setang seker bagian bawah agar lebih menjorok keluar dengan batas aman 4 mm.

Dari informasi cara memperbaiki motor CB 100 melalui modifikasi tanpa disadari akan meningkatkan beberapa komponen mesin.
Jika kamu ingin mengganti dengan komponen asli CB 100, saya kira akan kesulitan karena faktor motor produk lama dan tentunya sparepart asli pun jarang tersedia di pasar.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 TEKNISI OTOMOTIF - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger